1. Rutin Melakukan Perawatan Kulit Harian

Agar kulit tetap terjaga cahayanya maka pastikan kamu mencuci wajah dengan pembersih yang mengandung asam glikolat (untuk kulit normal cenderung kering) atau asam salisilat (untuk kulit berminyak). Lalu, jika kulitmu sensitif, gunakan pembersih wajah yang berformula lembut (mild). Jangan lupa untuk rutin melakukan scrub wajah seminggu sekali agar sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah bisa terangkat, sehingga pada akhirnya akan terbentuk seli kulit baru yang lebih sehat dan bercahaya. Scrub bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti ampas kopi, teh, oatmeal, atau lainnya.
source: http://www.sterlingminerals.com/scrubbing-or-exfoliating-the-face-harmful-or-helpful/

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit Sesuai Kondisi Cuaca

Sebagai negara yang terletak di Asia Tenggara, Indonesia memiliki iklim tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Sebagai rekomendasi, pilihlah produk lotion wajah yang berformula ringan dengan kemampuan yang baik dalam menghidrasi. Bisa juga menggunakan serum yang diterapkan setelah wajah dalam keadaan bersih, yang bertujuan untuk membiarkan kulit dapat bernapas dengan mudah, kenyal dan terhidrasi, sekaligus menghindari jerawat. Untuk perawatan anti aging, kamu bisa memilih produk dengan formula yang kaya vitamin A dan C.
source: https://www.rankandstyle.com/top-10-list/best-facial-serums/john-masters-organics-vitamin-c-anti-aging-face-serum/

3. Sediakan Selalu Krim Tabir Surya

Jika kamu termasuk orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka sangat perlu untuk selalu menerapkan krim tabir surya dan menyediakannya dalam tas untuk dipakai lagi saat kondisi matahari sangat menyengat. Tentu saja ini akan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV-A dan UV-B karena biasanya krim tabir surya mengandung SPF. Perlu diketahui jika sinar UV berlebihan bisa sangat merusak kulit yang berpengaruh terhadap masalah pigmentasi, tetapi juga merusak kolagen dan elastin kulit yang pada akhirnya akan mempercepat terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan kulit yang mengerut dan mengendur secara perlahan-lahan.
source: http://shop.countdown.co.nz/Shop/ProductDetails?Stockcode=213671&name=nivea-sun-sunscreen-spf-15-spray&search=

4. Asupan Makanan yang Sehat

Asupan makanan akan sangat berpengaruh terhadap tampilan luar kulit. Apalagi saat puasa asupan cairan akan berkurang sehingga perlu ditunjang dengan asupan makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa. Apabila kamu suka mengkonsumsi makanan cepat saji, maka kamu perlu waspada sebab makanan itu mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan yang pada akhirnya bisa memicu tumbuhnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Sebaliknya, berikan tubuhmu asupan makanan sehat yang terdiri dari sayuran segar, buah-buahan, dan lauk yang kaya akan protein. Seimbangkan dengan berolahraga dan asupan air putih minimal 8-10 gelas setiap hari, sehingga kulit dan tubuh akan terhidrasi, sekaligus menyingkirkan racun pada kulit dan tubuh.
source: http://remarkablefox.com/junk-food-cheaper-healthy-food/

5. Waktu Tidur Malam yang Cukup

Usahakan untuk mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas minimal 8-10 jam setiap malam untuk menghindari lingkar hitam di bawah mata yang mungkin bisa timbul karena pola tidur yang sedikit berubah di saat puasa. Apabila kamu telah mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, maka mata dan kulit akan terlihat lebih segar, sehat, dan bercahaya selama bulan puasa ini.
source: http://saudibeautyblog.com/ramadan-skincare-advice-you-need-to-put-your-faith-in/