1. Ketahui Kisaran Harga Barang Sebelum Berbelanja

Jika ada suatu barang yang Minasan inginkan di suatu tempat, lakukan riset kecil untuk mengetahui pada harga berapa barang itu biasanya terjual. Kamu juga bisa mendapatkan informasi ini dari internet.
Agar tidak salah dalam membeli, kamu juga bertanya pada orang yang lebih berpengalaman atau sesama pembeli yang ada di toko.
source: http://ns1.kompas.web.id/read/read/2014/01/06/409/922575/tak-jadi-korban-tipu-saat-belanja-di-tempat-wisata/

2. Jangan Menawar Kalau Tidak Berniat Membeli

Keisengan ini bisa merepotkan pedagang dan membuatnya jengkel. Menawar juga harus fair. Jika sudah deal maka Anda sebaiknya membayarnya dan bukan malah membatalkan hanya karena ingin melihat-lihat.
source: http://www.makassarguide.com/2015/01/cara-menawar-harga-barang-saat-traveling.html
source: https://hallyuroll.wordpress.com/2012/03/23/tempat-wisata-korea-selatan-touch-korea-tour-hallyu-korea-tourism-organization-indonesia-buzz-korea/

3. Wajib Memasang Muka Tebal Saat Menawar

Minasan, seringkali seseorang membeli sebuah barang dengan harga yang mahal karena dia malu untuk menawarnya. Jangan lakukan hal yang serupa, ya. Tawarlah dengan harga yang sesuai dan jangan malu-malu. Kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang relatif lebih murah jika berani dan pandai menawar.
source: https://hallyuroll.wordpress.com/2012/03/23/tempat-wisata-korea-selatan-touch-korea-tour-hallyu-korea-tourism-organization-indonesia-buzz-korea/

4. Tawar Setengah Harga untuk Pembuka

Salah satu tips yang umum dilakukan oleh traveler saat akan berbelanja adalah menawar setengah harga dari harga yang ditawarkan. Bagaimana jika ternyata penjual telah mematok harga berkali lipat? Berarti kamu perlu mengetahui harga pada umumnya baru menawarnya. Tidak jarang orang menawar sampai 3/4 dari harga normal. Pintar-pintarlah menjadi pembeli, ya.
source: http://carapedia.com/seni_menawar_barang_saat_berwisata_info5164.html

5. Bertingkah Cuek

Ini trik lama, namun cukup ampuh saat tawar-menawar. Bertingkahlah cuek dan tak tertarik, meski Anda naksir mati-matian dengan barang incaran. Jangan terlalu bersemangat menawar, hal ini membuat si penjual urung menurunkan harga barang tersebut.
source: http://travel.detik.com/read/2014/11/07/134805/2741948/1048/5/6-tips-penting-menawar-harga-di-negeri-orang#menu_stop
source: http://andumwarta.blogspot.com/2013/06/sindikasi-welcomepageokezonecom-puas.html

6. Tawar Harga Dengan Mata Uang Lokal dan Bahasa Lokal

Pelajari bahasa lokal. Tidak perlu sampai harus mengambil kursus bahasa tiga bulan sebelumnya, cukup hapalkan kalimat yang Anda butuhkan untuk menanyakan harga, menawar dan menutup transaksi.
source: http://www.cleo.co.id/life.career/travel/trik.shopping.saat.traveling/001/012/47
Jika kamu sedang berwisata ke luar negeri, ada baiknya kamu menawar dengan menggunakan mata uang lokal.
source: http://travel.detik.com/read/2014/11/07/134805/2741948/1048/6/6-tips-penting-menawar-harga-di-negeri-orang#menu_stop

7. Beli Dalam Jumlah yang Lebih Besar

Dengan membeli dalam jumlah yang lebih besar, penjual biasanya akan memberikan diskon khusus sehingga harga barang tersebut akan lebih murah. Atau kamu bisa membeli barang yang berbeda dari sebuah toko agar bisa mendapatkan harga khusus juga.
source: http://sidomi.com/347071/cara-menawar-harga-barang-saat-traveling/

8. Selalu Bersikap Ramah dan Jangan Mudah Emosi

Tawar-menawar harga dengan si penjual bikin kamu emosi? Tetap tenang dan bersikaplah ramah dengan si penjual, ya. Berbedanya kebudayaan memang sering memicu emosi. Kalau kamu emosi, ada baiknya jika kamu mengurungkan niat untuk membeli barang di toko tersebut.
source: http://palingaktual.com/817973/bisa-bebas-pajak-orang-china-makin-doyan-belanja-ke-luar-negeri/

9. Pilih Waktu Berbelanja yang Tepat

Pada musim-musim liburan, banyak pedagang menaikkan harga dagangannya sampai berkali lipat. Mungkin lebih baik kamu memilih untuk menghindari berwisata pada saat off season. Jika kamu ingin tetap berwisata saat off season, pastikan kamu benar-benar negosiator ulung urusan tawar menawar harga suatu barang.
source: https://abanggembul.wordpress.com/2013/06/21/

10. Jangan Berlagak Banyak Duit

Kebanyakan para pedagang beranggapan jika para traveler adalah orang-orang dengan duit berlimpah. Karena itu mereka memasang harga yang lumayan tinggi. So, tampillah sebagai sesorang yang tampak sederhana. Kemungkinan para pedagang tersebut akan memberikanmu dengan harga yang lebih murah.
source: http://www.anekawisata.com/5-tips-cara-menawar-barang-saat-wisata-belanja.html