1. Pilates


Olahraga ini lahir pada awal abad ke 20 namun akhir-akhir ini mulai banyak diminati hampir di seluruh dunia. Olahraga ini baik untuk ibu hamil.
source: http://colettelettieri.com/2014/09/02/pilates-and-pregnancy/
Melakukan Pilates selama kehamilan akan membantu Anda tetap rileks saat melahirkan. Instruktur Fitnes, Shalini Bhargava mengatakan, pilates membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan.
source: http://health.liputan6.com/read/2094907/8-olahraga-yang-cocok-untuk-wanita-hamil
youtube:UXJmt7GnD3Q
source: https://www.youtube.com/watch?v=UXJmt7GnD3Q
Pregnancy Pilates - 10 minute workout

2. Senam Aerobik


Merupakan senam untuk melatih kebugaran tubuh dengan gerakan-gerakan tertentu. Untuk ibu hamil, gerakannya lebih ringan dibanding senam aerobik pada umumnya.
source: http://www.nytimes.com/2012/07/06/nyregion/staying-fit-while-pregnant-in-new-york.html?_r=0
Secara keseluruhan, wanita yang melakukan aerobik di masa kehamilan akan menyaksikan bahwa kandungan mereka jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan wanita lain.
source: http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/aerobik-di-masa-kehamilan.html
youtube:pH6IrhTjdR0
source: https://www.youtube.com/watch?v=pH6IrhTjdR0
Denise Austin: Prenatal Cardio Workout- Fit & Firm Pregnancy

3. Senam Kegel


Senam ini berfungsi untuk menguatkan otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum, sehingga sangat cocok sekali untuk ibu hamil.
source: http://www.vemale.com/topik/kehamilan/29337-manfaat-senam-kegel-bagi-ibu-hamil.html
Senam kegel berguna untuk menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur berlangsung lebih lancar. Dengan otot panggul yang kuat, waktu mengejan yang dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan lebih singkat.
source: http://www.vemale.com/topik/kehamilan/29337-manfaat-senam-kegel-bagi-ibu-hamil.html
source: http://www.ptsmi.org/103113.html

Panduan Melakukan Senam Kegel.
URL:   http://www.go4healthylife.com/articles/672/1/Lancarkan-Persalinan-dengan-Latihan-Kegel/Page1.html

4. Berenang


Ini adalah olahraga yang umum dilakukan oleh semua usia. Meskipun begitu, berenang juga baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
source: http://swimmingpoolideas.blogspot.com/2011/04/benefits-of-swimming-for-pregnant-women.html
Berenang sangat baik, sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight.
source: http://bidanku.com/jenis-jenis-dan-manfaat-olahraga-untuk-ibu-hamil
source: http://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-fitness-moves

5. Berjalan


Last but not least. Ini adalah olahraga yang paling ringan dan sederhana diantara semuanya.
source: http://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-fitness-moves
Olahraga ini relatif aman, sebab bisa dilakukan di mana pun dan menggerakkan hampir seluruh otot tubuh, tanpa membebani sendi dan otot. Selain itu, berjalan bisa memperlancar peredaran darah dan membantu penurunan kepala bayi.
source: http://www.parenting.co.id/article/hamil/4.olahraga.terbaik.saat.hamil/001/001/128
Meskipun dalam keadaan hamil, Minasan tetap bisa melakukan kegiatan olahraga seperti yang telah disebutkan di atas. Namun jangan lupa bahwa Minasan juga harus berhati-hati untuk menjaga keamanan janin. Semoga bermanfaat!