Makan

Makan sebelum melakukan perjalanan jauh diperlukan agar perut tidak kembung selama perjalanan. Namun, jika kamu memilih melakukan perjalanan mudik saat puasa Ramadan, usahakan makan sahur dengan porsi yang cukup. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Jika energi dalam tuuhmu cukup, maka puasa tetap berjalan lancar, mudik pun tenang.
source: https://ngonoo.com/2015/07/100011/10-persiapkan-yang-perlu-dilakukan-sebelum-mudik-lebaran/

Tidur Cukup

Untuk mempersiapkan perjalanan panjang saat mudik, hal yang penting kamu lakukan pertama kali adalah tidur dengan waktu yang cukup, sekitar 6-8 jam. Tidur yang cukup sangat penting karena kamu perlu mempersiapkan tenaga agar tidak kelelahan saat perjalanan. Terlebih jika kamu membawa kendaraan sendiri. Wah, bisa berbahaya jika mengantuk saat perjalanan.
source: http://www.kompasiana.com/prasadja/persiapan-mudik-persiapkan-tidur_54f6aca6a333113b528b4640

Obat-Obatan

Selama perjalanan, jangan lupakan kotak P3K dengan isi obat-obatan ringan, seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk perjalanan, obat maag, dan obat-obatan ringan lainnya. Jadi selama perjalanan kamu tidak perlu khawatir kekurangan obat, atau harus repot mencari apotek untuk membeli obat.
source: http://lplprainbowindonesia.blogspot.co.id/2014/01/p3k-pertolongan-pertama-pada-kecelakaan.html

Jangan Lupakan Suplemen

Untuk memiliki kondisi yang prima saat perjalanan mudik Lebaran, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen sebagai tambahan. Hindari suplemen dengan kandungan kafein, karena hanya akan memberikan efek kesegaran sesaat. Pilih suplemen dengan kandungan alami madu atau Habbatussauda. Untuk Habbatussauda kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp31.000 untuk mendapatkan khasiatnya.
source: https://www.tokopedia.com/grosir-herbal/habbatussauda-extra-propolis-trigona-isi-100-kapsul-1

Jangan Lupa Berdoa

Nah, ini yang terpenting. Untuk memulai perjalanan mudik yang nyaman dan menyenangkan, jangan lupa berdoa, meminta kelancaran saat mudik dan selamat sampai tujuan.
Bagaimana? Sudah siap mudik? Pastikan perjalanan mudik kamu nyaman dan menyenangkan, ya. Agar ketika sampai di kampung halaman, kamu bisa merayakan momen Lebaran dengan penuh suka cita. Selamat, mudik. Hati-hati di jalan, ya!