Agar puasa kamu lancar, tentu harus dibarengi dengan sahur yang sehat, kan? Lalu, bagaimanakah sahur yang sehat itu? Berikut adalah 5 tips sahur sehat, agar kamu tetap fit ketika menjalankan ibadah puasa.

Mulailah Dengan Air Putih

Sebelum menyantap hidangan sahur, usahakan kamu meminum segelas air putih karena selama puasa, tubuh kamu akan sangat banyak membutuhkan cairan.
source: http://www.readersdigest.co.id/nutrisi/kontrol+air+saat+sahur

Jangan Lupakan Buah-buahan

Buah merupakan menu sahur dan berbuka yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa demikian? Karena buah mengandung elektrolit yang dapat menyegarkan tubuh selama dan setelah puasa.
source: http://pondokibu.com/buah-yang-bagus-dikonsumsi-saat-berpuasa.html

Konsumsi Makanan ber-Zat Besi Tinggi

Ketika berpuasa, mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi yang tinggi tentu sangat penting karena saat puasa tubuh akan kekurangan zat besi yang mengakibatkan tubuh lemas. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh.
source: http://pondokibu.com/makanan-sumber-zat-besi-untuk-ibu-hamil.html

Karbohidrat Kompleks

Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum dapat membuat gula darah stabil selama berpuasa. Makanan yang manis atau mengandung banyak gula akan cepat membuat kamu lapar.
source: http://www.priocam.co.uk/carbs-friend-or-foe.html

Hindari Menggoreng Lauk

Mengonsumsi makanan yang digoreng saat sahur dapat menyebabkan oksigen dalam tubuh berkurang hingga 20%, dan hal ini dapat menimbulkan rasa kantuk selama berpuasa.
source: http://food.detik.com/ramadan/read/2014/07/22/111653/2644382/297/agar-tak-mual-saat-mudik-hindari-konsumsi-susu-dan-kopi-saat-sahur-dan-buka
Nah, semoga tips tadi bermanfaat, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.