1. Atur Jam Tidurmu Sebelumnya


Mulailah tidur lebih awal, atau tidur lebih malam 1-2 jam dari jam tidurmu biasanya. Kalau kamu pergi ke timur, tidurlah lebih cepat. Kalau kamu pergi ke barat, usahakan untuk mengurangi jam tidurmu.
source: http://mynewusual.com/health-wellness/hot-tip-slim-sleep

2. Makan Ringan


Mencerna makanan dapat membuat tubuhmu merasa lelah. Jadi, jangan makan terlalu banyak saat di pesawat karena dapat memperparah jet lag. Usahakan juga untuk makan makanan ringan seperti sup atau salad.
source: http://www.thelostboylloyd.com/2014/08/bangkok-airways-phuket-domestic-economy-review.html

3. Minum Air


Udara di dalam pesawat sangat kering, jadi usahakan untuk tetap menjaga kandungan air dalam tubuh dan minum 200 ml air setiap jamnya agar kamu tidak kekurangan cairan. Hindari minuman bersoda, jus kalengan dan alkohol.
source: http://www.sheknows.com/living/articles/957973/the-long-flight-survival-guide

4. Perbanyak Gerak


Jangan duduk diam saja, cobalah jalan-jalan di dalam cabin atau minimal stretching untuk menggerakkan kakimu. Kamu perlu membuat aliran darah dalam tubuhmu tetap lancar agar tidak mudah capek.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/in-flight-exercises-that-arent-totally-embarrassing-.html?id=471&all=1

5. Sesuaikan Dengan Waktu di Tempat Tujuan


Di tengah perjalanan atau menjelang landing, sesuaikan waktu tidur dan waktu makanmu dengan jam di tempat tujuan. Atur pola pikirmu untuk beraktivitas sesuai dengan waktu di sana untuk memudahkanmu nantinya.
source: http://www.theguardian.com/direct-line-fixology/2014/sep/26/how-to-avoid-jet-lag

6. Tunda Waktu Tidurmu


Setibanya di tempat tujuan, tahan kantukmu dan jangan tidur jika harimu masih panjang. Kalau kamu tidur sesampainya kamu tiba justru akan membuatmu tetap terjaga di malam hari.
source: http://lovemeow.com/2010/05/my-cats-are-my-family/

7. Lakukan Aktivitas Seperti Biasa


Sampai di tujuan berarti kamu harus cepat menyesuaikan jam tubuh dan aktivitasmu seperti warga lokal. Keluar dan ekspos tubuhmu pada cahaya untuk memudahkan tubuh mereset jam tubuhmu. Di saat orang-orang makan, makanlah. Dan saat orang-orang tidur, tidurlah.
source: http://travel-ideas.makemytrip.com/why-should-boys-have-all-the-fun/
Semoga cara di atas berhasil mengurangi rasa capek akibat jet lag dan dapat membantumu mengatur ulang jam tubuhmu di tempat tujuan ya, Minasan.