Istirahat yang Cukup

Sebelum berangkat, pastikan tubuhmu mendapatkan waktu untuk beristirahat yang cukup. Hal ini bertujuan agar energimu pulih dan stamina tetap terjaga saat mudik nanti. Apalagi jika kamu menyetir, istirahat sebelum berangkat adalah hal yang wajib!
source: http://www.popsugar.com.au/fitness/Trouble-Sleeping-Here-25-Tips-How-Sleep-Better-28509592

Relaksasi Selama Perjalanan

Menyetir selama berjam-jam dapat membuat otot leher dan punggung kaku. Untuk itu, perlu merelaksasikan otot-otot setiap 3 jam perjalanan. Berhentilah sebentar di tempat yang teduh dan tidak menganggu lalu lintas. Lalu beristirahatlah dengan melakukan stretching selama 5-10 menit sebelum melanjutkan perjalanan.
source: http://www.archiexpo.com/prod/erlau/product-9992-498467.html

Membawa Bekal Secukupnya

Bawalah bekal secukupnya berupa makanan kering. Jika membawa makanan basah yang siap makan, sebaiknya segera dikonsumsi dalam waktu dekat agar tidak basi. Jika kamu tidak ingin repot membawa bekal dan lebih memilih untuk membeli saat perjalanan, pilihlah tempat yang bersih. Makanan yang tidak higienis dapat membuat kamu sakit perut.
source: http://www.telegraph.co.uk/motoring/9197930/Eating-while-driving-more-dangerous-than-using-phone.html

Tidak Membawa Barang Bawaan Terlalu Banyak

Semakin sedikit barang yang dibawa maka akan semakin praktis. Bawalah barang bawaan secukupnya, apalagi jika kamu naik angkutan umum. Akan sangat ribet jika kamu membawa barang bawaan terlalu banyak, bukan? Ini akan menyusahkanmu ketika naik-turun kendaraan.
source: http://abcnews.go.com/Travel/10-things-pack-vacation/story?id=31887978

Membawa Obat-obatan Ringan

Mual, pusing, dan muntah adalah hal yang wajar terjadi selama perjalanan. Oleh sebab itu, siapkan obat anti mual, pusing, obat sakit maag, obat masuk angin, dan bahkan obat diare. Selama perjalanan, tubuh akan lebih rentang terganggu kesehatannya. Apalagi jika kamu sedang berpuasa, menjaga kesehatan tubuh adalah wajib hukumnya agar ibadah dan perjalanan kamu lancar.
source: http://momsmagazine.com/2015/01/08/every-parent-house/

Minum Air Putih Secukupnya

Bagi kamu yang mudik dengan menyetir, sangat perlu untuk mencukupi kebutuhan air agar konsentrasi tetap terjaga. Tetapi bagi kamu yang naik kendaraan umum, sebaiknya tidak terlalu banyak minum. Hal ini untuk mengurangi frekuensi buang air kecil selama perjalanan.
source: http://www.wheels.ca/guides/how-to-lose-weight-while-in-your-car/

Buang Air Kecil Secara Berkala

Selalu sempatkan diri untuk buang air kecil ketika berhenti di pom bensin atau rest area. Hindari terlalu lama menahan buang air kecil karena bakteri yang terakumulasi di saluran kemih dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.
source: http://www.gurl.com/2013/06/13/uti-urinary-tract-infection-information-myths/
Semoga bermanfaat dan selamat menikmati libur lebaran!