1. Makan yang Tepat saat Berbuka

Saat sudah waktunya buka puasa, ada baiknya kita langsung memberi makanan pada perut kita, dan tentunya harus dengan makanan yang tepat. Jangan membiarkan perut kosong terlalu lama bisa meningkatkan asam di dalam lambung. Makanan yang masuk ke dalam lambung akan membantu mengurangi asam lambung dan mencegah terjadinya maag. Pilih makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu ya.

2. Hindari Makanan/Minuman yang Mengandung Gas

Saat berbuka puasa, hati-hatilah jangan sampai makan atau minum makanan dan minuman yang banyak mengandung gas seperti soda, kopi, susu, dan kacang-kacangan. Hal ini disebabkan, makanan yang mengandung banyak gas bisa meningkatkan kadar asam dalam lambung dan menyebabkan terjadinya maag.

3. Jangan Langsung Makan Berat

Saat berbuka puasa, hindari langsung makan makanan-makanan yang berat seperti nasi dan lauk-pauk. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang ringan dan manis terlebih dahulu karena makanan berat bisa memicu risiko iritasi pada dinding lambung dan menyebabkan terjadinya maag.

4. Hindari Makanan Berbumbu Tajam saat Sahur

Selain saat berbuka puasa, makanan-makanan saat sahur pun harus kita perhatikan. Tahukah kamu, makanan yang mengandung banyak asam dan bumbu juga bisa memicu naiknya asam lambung. Beberapa contoh bumbu yang harus dihindari adalah merica, cabai, dan cuka. Jadi, hindari makanan-makanan yang banyak mengandung bumbu tersebut agar maag tidak kambuh saat sedang berpuasa.
Nah, cara-cara tersebut dapat digunakan untuk mencegah maag saat berpuasa. Selamat mencoba.