1. Tidak Makan Malam

Salah satu cara untuk mengurangi berat badan adalah tidak mengkonsumsi makanan berat pada malam hari. Kamu bisa tetap makan sehari tiga kali dengan pembagian waktu yakni sarapan, makan siang, dan makan sore. Waktu makan sore menggantikan makan malam dan tidak melebihi pukul 6 sore. Sehingga, pada malam harinya lemak cadangan dalam tubuhlah yang akan menggantikan energi tubuh. Kamu juga bisa menurunkan 2 hingga 3 kilogram dalam seminggu, lho. Bila merasa lapar, kamu dapat mengkonsumsi buah ataupun cemilan low fat dan low calori.

2. Jangan Lupa Sarapan

Demi menurunkan berat badan secara drastis, kamu merelakan sarapan pagi yang sangat penting. Sarapan pagi menjadi sumber energi utama tubuh. Dengan sarapan, kamu dapat mencegah untuk mengkonsumsi makan yang lebih banyak pada saat siang dan malam harinya. Disarankan juga untuk melakukan sarapan pada pukul 7 – 8 pagi. Semakin cepat waktu mengkonsumsi sarapan, akan memudahkan pembakaran energi.

3. Perbanyak Makan Berserat

Dengan kamu mengkonsumsi serat dapat menjaga agar perut tidak cepat terasa lapar. Serat yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan ini membantu untuk memperlancar proses pencernaan dalam usus. Kamu bisa mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, oatmeal, buah pir, papaya, dan buah-buahan lainnya yang memiliki banyak serat. Selain itu, bila kamu mengkonsumsi serat secara teratur, dapat menurunkan kadar kolesterol darah, menjaga kesehatan tubuh, membantu mengontrol kadar gula darah, hingga mencegah penyakit kanker usus.

4. Ganti Camilan

Saat usai lebaran dan mudik, biasanya stok camilan dan oleh-oleh dari tempat berlibur menumpuk di lemari. Agar cepat habis, kamu membawanya ke kantor atau ke kampus sebagai makanan selingan dan penghilang bosan. Jangan lakukan itu lagi, ya. Camilan yang berupa kue kering ini membuat kalori di tubuh semakin menumpuk.
So, kamu bisa menggantinya dengan buah atau camilan rendah kalori. Buah pisang, pear, kiwi, manga, dan anggur, bisa kamu bawa di tas untuk menjadi “teman” penghilang bosan saat ingin ngemil. Buah-buahan ini memiliki kadar kalori yang tinggi. Sehingga bisa memberi energi tambahan dan menambah stamina tubuh.

5. Lakukan Olahraga Dimana Saja (eg. Kardio)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam diet. Kamu juga harus melakukan olahraga, setidaknya selama satu hingga dua jam dan 3-4 kali seminggu. Olahraga yang paling mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan adalah latihan kardio. Tidak hanya di rumah, kamu bisa juga melakukannya saat jam istirahat di kantor atau di kampus. Sebab, gerakan kardio tidak begitu banyak menggunakan ruang sekitar. Berikut ini gerakan kardio yang bisa kamu lakukan.
youtube:h2r2H8OAU2I
source: https://www.youtube.com/watch?v=h2r2H8OAU2I
Cardio Workout: How to Lose Weight

6. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara teratur dengan jumlah yang sudah dianjurkan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Agar berat badan bisa turun dengan cepat, kamu bisa meminum dua gelas air putih 30 menit sebelum dan sesudah makan. Minum sebelum makan akan membuat perut terasa kenyang dan porsi makan akan berkurang.
Saat bangun pagi, usahakan untuk meminum air putih hangat. Selain sebagai penurun berat badan, trik ini juga bisa menjadi terapi untuk kamu yang memiliki penyakit maag. So, jangan pernah lepas dari air putih ya, Beautynesian!