1. Get The Gear

source: http://www.shape.com/fitness/workouts/trx-workout-7-moves-erase-every-bulge
Jika kamu lebih suka latihan cardiovascular seperti bersepeda atau berjalan, maka selayaknya kamu mempertimbangkan untuk membeli beberapa peralatan latihan yang bisa ditaruh rumah. Terdapat beberapa peralatan yang hemat biaya dan non-elektronik seperti sasak tinju, tali skipping, dan perangkat latihan suspensi. Tapi, jika kamu memiliki budget lebih maka tidak ada salahnya untuk membeli treadmill atau cross trainer. Kamu bisa berjalan, mengayuh, ataupun berlari menggunakan alat-alat tersebut selama 20 menit di pagi hari ataupun beberapa jam satelah sahur. Latihan ini dilakukan tanpa perlu meninggalkan rumah, sambil menonton televisi atau mendengarkan musik.

2. Workout ala Bootcamp

source: http://tone-and-tighten.com/2015/04/21-day-at-home-bootcamp-workout-plan.html
Jenis latihan satu ini bisa dikatakan hampir sama dengan pelatihan training tingkat dasar yang diterapkan dalam ujian tentara. Untuk gaya latihan bootcamp yang sempurna, lakukanlah secara berurutan gerakan-gerakan jumping jack, lunges, push up, skipping, dan sit up masing-masing selama dua menit. Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali putaran sehingga total waktunya 20 menit. Pada latihan selanjutnya, cobalah untuk menambah putaran menjadi empat putaran, lalu tambahkan kecepatan agar tubuh menjadi kuat dan bugar. Pastikan kamu menyetel musik ‘upbeat’ untuk mengiringimu selama latihan. Latihan gaya bootcamp bisa menjadi sangat menyenangkan dan akan membakar banyak kalori. Latihan yang mudah semacam ini dapat dilakukan di rumah, tapi pastikan kamu memakai sepatu yang sesuai.

3. Gerakan Yoga

Selama bulan puasa, ada cara lain yang bisa dilakukan di rumah untuk menggabungkan latihan ke dalam rutinitas harianmu, yaitu dengan melakukan yoga. Yoga dapat meredakan stres, memperbaiki postur tubuh, dan dapat memperkuat otot-otot. Yoga tidak hanya merupakan jenis olahraga hebat yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, tetapi juga tidak membutuhkan ruangan besar sehingga pas untuk dilakukan di rumah. Yang kamu butuhkan adalah alas karpet yoga dan beberapa pakaian yang nyaman. Jika belum pernah melakukan yoga sebelumnya, kamu dapat menemukan banyak tutorial bagus di YouTube yang akan menunjukkanmu dasar-dasar yoga. Salah satu video latihan yoga untuk pemula, di bawah ini:
youtube:v7AYKMP6rOE
source: https://www.youtube.com/watch?v=v7AYKMP6rOE
Yoga For Complete Beginners - 20 Minute Home Yoga Workout!

4. Mencoba Tabata

Hanya 4 menit waktu yang diperlukan! Mungkin kamu masih asing dengan latihan yang satu ini. Gaya latihan High-Intensity Interval Training (HIIT) atau yang popular dengan nama Tabata, merupakan teknik latihan yang ditemukan oleh ilmuan asal Jepang bernama Dr. Izumi Tabata. Latihan ini membantu agar mendapatkan tubuh yang fit dalam waktu relatif singkat. Struktur latihannya meliputi: 20 detik latihan intens, 10 detik istirahat, diulangi sebanyak total 8 putaran (4 menit).
Meskipun beberapa orang ingin fokus pada satu gerakan untuk keseluruhan latihan, alangkah lebih baik untuk melakukan variasi latihan yang berbeda. Untuk latihan yang selanjutnya, kamu bisa melakukan latihan otot, seperti otot lengan, untuk satu sesi selama 4 menit, kemudian fokus pada kaki, pantat dan paha. 16 menit akan terasa seperti latihan hardcore. Berikut adalah video pengantar latihan:
Latihan-latihan di atas bisa dilakukan tanpa harus pergi ke gym dan tidak memakan waktu banyak, kan? Agar tubuh menjadi fit selama Ramadhan, pilih latihan yang kamu sukai, lakukan kapanpun kamu mau, dan tentunya di rumahmu sendiri.