Kacang-kacangan


Kandungan dalam kacang bisa membantu mengontrol kolesterol tubuh. Hal ini baik, karena kolesterol dalam darah adalah salah satu penyebab utama dari penyakit kronis seperti jantung koroner dan lain sebagainya.
source: http://wall.alphacoders.com/big.php?i=407645
Kacang-kacangan seperti kacang pistachio dan kacang kenari ampuh untuk melawan penyakit jantung. Konsumsilah minimal segenggam kacang per hari. Hindari menambahkan garam atau menggoreng kacang. Lebih baik jika mengkonsumsi kacang-kacangan yang direbus atau dioven untuk mengurangi lemak jenuh dalam tubuh.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/46503-5-rahasia-makanan-yang-membuat-panjang-umur.html

Buah dan Sayur


Sayur dan buah, terutama yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuhmu menjadi lebih muda karena zat yang satu ini mencegah dari penuaan dini.
source: http://www.entwellbeing.com.au/eating-more-fruits-and-vegetables-could-lower-worldwide-stroke-risk/
Sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat. Makanan berserat misalnya kacang-kacangan, apel, beras merah, dan sayur-sayuran. Makanan ini membantu dalam menurunkan tekanan darah dan membuat Anda tetap merasa kenyang.
source: http://www.tempo.co/read/news/2013/05/23/060482549/10-Makanan-yang-Bikin-Anda-Panjang-Umur/1/2

Ikan


Ikan mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Makanan favorit masyarakat Jepang ini terbukti membuat usia rata-rata orang Jepang lebih panjang dari negara lain. Lebih baik memang dikonsumsi mentah-mentah, namun tidak perlu dipaksakan jika memang tidak suka. Cara masak yang benar, seperti direbus atau dikukus, bisa mempertahankan kandungan gizi dalam ikan.
source: http://wallpapers.free-review.net/21__Fresh_fish_recipes.htm
Salah satu alasan untuk makan ikan adalah tingginya kandungan asam lemak omega 3, yaitu minyak tak jenuh ganda yang akan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, stroke, darah tinggi dan diabetes. Penelitian membuktikan: Orang yang mengkonsumsi ikan mengandung minyak seperti tuna, sarden, herring, tengiri, ikan teri, ikan trout dan salmon memiliki tingkat kematian terendah. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 2-3 porsi per minggu.
source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/6-makanan-sehat-yang-mendukung-panjang-umur.html

Yogurt


Makanan dan minuman fermentasi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pencernaan manusia. Salah satu yang mudah didapat adalah yogurt. Minuman fermentasi dari susu ini dapat meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan dan mengatasi masalah perncernaan.
source: http://www.drweilblog.com/home/2014/5/29/healthy-news-about-yogurt.html
Rutin mengkonsumsi yogurt dapat meningkatkan priobiotik. Probiotik sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/46503-5-rahasia-makanan-yang-membuat-panjang-umur.html

Air


Kebutuhan utama manusia adalah air! Tubuh manusia yang terdiri dari 70% air ini juga sangat tergantung akan kebutuhan terhadap air. Itulah sebabnya kurang minum bisa menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh.
source: http://www.popsugar.com/fitness/photo-gallery/33155565/image/33156263/Drink-More-Water
Tak hanya makanan, air bermanfaat karena sangat baik untuk kulit dan sumber energi yang baik. Tubuh memerlukan air untuk membuang racun dan menjaga jaringan tetap terhidrasi.
source: http://www.tempo.co/read/news/2013/05/23/060482549/10-Makanan-yang-Bikin-Anda-Panjang-Umur/1/3

Bawang Putih


Hampir semua masakan menggunakan bahan yang satu ini. Tapi ada beberapa orang yang tak suka padanya karena bau yang menyengat. Padahal jenis umbi yang satu ini menyimpang segudang manfaat, salah satunya dipercaya sebagai resep umur panjang!
source: http://hippocrateshealthinst.blogspot.com/
Berdasar penelitian, kandungan fitokimia dalam bawang putih dapat menghentikan pembentukan bahan kimia pemicu kanker, karsinogenik dalam tubuh. Wanita yang suka makan bawang putih memiliki risiko kanker usus lebih rendah.
source: http://oh-gitu.blogspot.com/2012/08/makanan-sehat-yang-bikin-panjang-umur.html
Coba mulai kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dari sekarang ya. Semoga bermanfaat, Minasan!