1. Jangan Lewatkan Sahur

Dengan keadaannya yang masih mengantuk, kadang kita pun tidak ada nafsu untuk makan dan memilih untuk melewatkan sahur dan kembali tidur sampai subuh menjelang. Tapi tahukah kamu bahwa dengan melewatkan sahur, kita akan merasa dua kali lebih lapar, apalagi beberapa jam sebelum berbuka? Hal ini menyebabkan kita makan berlebihan saat buka puasa. Kita akan menyantap lebih banyak kalori dan dengan jarak waktu berbuka dan tidur yang tidak jauh, kita cenderung langsung beristirahat setelah di jam berbuka. Ini menyebabkan semua kalori yang kita makan akan berubah menjadi lemak,bukannya energi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Pasokan air dalam tubuh kita bertanggung jawab untuk fungsi dari seluruh organ tubuh, seperti: membantu melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dalam melarutkan sisa metabolisme, serta membawa nutrisi dan oksigen keseluruh jaringan sel. Tubuh kita secara berkala kehilangan cairan dengan berkeringat dan mengeluarkan urin. Namun, jika cairan itu tidak digantikan maka kita akan terkena dehidrasi. Gejala dehidrasi bisa tampak dari sering pusing, kulit kering, tak bisa konsentrasi, lemas, bahkan depresi! Maka pastikan kamu mengkonsumsi cukup air putih dengan minum minimal 2 gelas air putih saat sahur dan berbuka. Psst, salah satu rahasia agar saat berbuka tidak makan terlalu banyak adalah dengan minum air putih terebih dahulu, sebelum kudapan lainnya.

3. Hindari Gorengan

Jika kamu suka gorengan, pastikan kamu tidak mengkonsumsiya terlalu banyak. Di bulan puasa akan sangat mudah bagi kita menemukan makanan ini. Selain murah, kegurihan gorengan memang tidak ada bandingnya apalagi jika kita mengkonsumsinya saat berbuka. Tapi apakah kamu tahu dampaknya jika gorengan dikonsumsi terus-menerus? Kualitas minyak goreng yang dipakai penjual mempunyai peran yang besar di sini. Terkadang para penjual ini tidak mengganti minyak goreng yang digunakan dan membuat minyak mengendap dan berubah bentuk menjadi lemak trans yang sangat berbahaya untuk tubuh. Kolesterol yang terdapat pada minyak bekas menjadi lebih tinggi dan membuat kadar kolesterol kita juga meningkat. Selain itu, pengaruh lainnya adalah batuk, tekanan darah tinggi, gatal pada tenggorokan, memicu penyakit jantung dan yang terparah adalah kanker. Selain itu penggunaan vetsin dan garam yang berlebihan juga berbahaya bagi tubuh dan kombinasi inilah yang menjadi pengaruh besar ke berat badan kita.

4. Makanan & Minuman Manis

Minuman seperti es buah, es blewah, kolak, dan sebagainya menjadi hidangan favorit di bulan puasa. Kandungan gula dari susu kental manis dan sirup belum lagi dengan tambahan santan beserta pelengkapnya membuat minuman ini diam-diam menyimpan ratusan kalori. Kue-kue manis sebagai selingan juga mesti diperhatikan karena sedikit demi sedikit bisa menambah kalori dalam tubuh kita.

5. Perbanyak Mengonsumsi Sayur & Buah

Mungkin kita bisa bisa sepenuhnya menghindari makanan manis dan berkalori tinggi. Jadi, pastikan kamu juga mengimbanginya dengan banyak makan sayur dan buah untuk kelancaran pencernaan di dalam tubuh. Buah yang dianjurkan adalah pisang untuk membantu mengurangi asam lambung dan membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, apel untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar, mangga untuk mengurangi dehidrasi dan memberi energi saat berbuka, lalu semangka dan nanas yang kaya kandungan air dan memiliki sifat anti peradangan yang baik bagi kesehatan. Untuk sayur, berikut beberapa pilihan yang memiliki serat tinggi sehingga membantu menjaga kesegaran tubuh; timun, tomat, selada, wortel, brokoli, buncis, dan paprika.

6. Rutin Berolahraga

Dengan alasan badan lemas, olahraga menjadi jarang dilakukan di bulan puasa. Tapi justru inilah saat yang tepat untuk kamu yang mau diet! Pastikan kamu olahraga 2 jam sebelum berbuka. Intensitas olahraga tidak perlu terlalu berat, cukup dengan cardio seperti jalan cepat dan bersepeda atau mengikuti kelas menari, zumba atau yoga yang bisa memberikan hasil maksimal untuk bentuk tubuh. Dengan berkeringat, kamu akan bisa mengontrol nafsu makan, so no more cravings for more foods!