Menggunakan Lip Balm

Bagi yang bekerja dan kuliah, aktivitas di luar ruangan tidak dapat dihindari dan harus tetap dijalankan selama berpuasa. Tubuh manusia yang terdiri dari 60% kandungan air ini tentunya akan mengalami dehidrasi. Salah satu tanda kamu sedang mengalaminya adalah bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu, selama berpuasa jangan lupa untuk menggunakan lip balm, ya. Pilih lip balm yang memiliki kandungan jojoba, olive oil, avocado, vitamin E, dan vitamin A. Pilih juga yang mengandung SPF untuk melindungi dari pengaruh buruk sinar UV.
Kamu bisa mengoleskannya di saat bibir mulai terasa kering. Biasanya, bibir akan terasa kering di siang hari. Pilihla lip balm yang cocok dengan jenis kulitmu dan tidak menimbulkan iritasi maupun rasa gatal.

Minum Air Putih yang Banyak Saat Sahur

Dalam sehari, dokter menganjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per harinya. Ketika bulan puasa, asupan air putih akan berkurang. Bila tubuh kekurangan cairan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.
Untuk itu saat berpuasa, kamu bisa mengganti cairan tubuh dengan meminum air putih sebanyak dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan dua gelas saat sebelum tidur. Bila dirasa tubuh kamu masih kekurangan cairan, kamu bisa meminum beberapa gelas lagi saat selesai sholat tarawih.

Oleskan Madu Saat Berbuka & Sahur

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan beberapa enzim yang membuat madu menjadi pilihan untuk mengembalikan stamina tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam madu berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Banyak produk kecantikan yang mencampurkan madu sebagai salah satu komponen tambahan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Madu yang dapat menjadi pelembab kulit wajah, bisa kamu oleskan juga pada area bibir. Tidak hanya dapat melembabkan bibir, kamu juga bisa mengoleskan lip balm pada kulit bibir yang berwarna kusam agar terlihat lebih fresh.

Manfaatkan Sayuran

Pilih sayuran yang dipercaya mengandung vitamin C dan dapat melembabkan, salah satunya mentimun. Selain dapat menurunkan kolesterol dalam darah, mentimun juga bisa berfungsi untuk melembabkan area bibir.
Caranya, pilih mentimun yang masih bagus. Lalu kupas dan hancurkan hingga menjadi bubur atau cukup ambil airnya saja. Kemudian, oleskan di seluruh area bibir dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat dan ditutup air dingin. Untuk mendapatkan manfaat lebih, kamu bisa menambahkan perasan lemon/jeruk nipis di dalamnya. Jangan lupa, dioleskannya saat berbuka puasa ya, Beautynesian!