Pilih Waktu yang Efektif

Ketika puasa, kamu dapat mengurangi durasi olahraga. Cukup 20 hingga 40 menit saja dan pilihlah waktu yang tepat agar tidak mengganggu puasa kamu. Waktu yang efektif adalah tiga jam setelah sahur agar tubuh masih menyimpan energi yang cukup atau setengah jam sebelum berbuka puasa. Jika kamu merasa mampu untuk berolahraga pada malam hari, kamu bisa mulai berolahraga setelah berbuka puasa.

Kardio, Yoga dan Olahraga Matras

Kardio dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan saat puasa. Jika ingin yang ringan, kamu dapat memilih untuk bersepeda atau jogging sehingga kamu tetap bisa membakar kalori dan menjaga kekuatan otot. Selain kardio, kamu juga dapat memilih yoga dan meditasi untuk dapat membantu dalam proses detoksifikasi. Yang tidak kalah menyenangkan untuk dilakukan adalah olahraga matras. Lakukan free squat, push up, dan sit up untuk menjaga kebugaranmu.

Jangan Melakukan Latihan Dengan Intensitas Tinggi

Ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari saat berpuasa, seperti lari, dan angkat beban. Olahraga tersebut patut dihindari untuk sementara karena dapat menyebabkan cedera sendi atau otot dan menyebabkan pusing apabila kamu belum makan. Jadi sebaiknya selama bulan puasa kamu tidak melakukan latihan dengan intensitas tinggi.

Dukung Olahraga Dengan Diet Sehat

Menjaga makan ketika puasa juga menjadi hal penting karena biasanya ketika buka puasa kamu ingin melahap semua makanan yang ada. Hal tersebut tidak baik, lho, untuk kesehatan. Diet sehat yang dapat kamu lakukan adalah menghindari makan gorengan dan daging merah yang kurang baik untuk pencernaan. Ada baiknya untuk mengonsumsi protein yang tepat setelah berolahraga. Kamu juga dapat mengganti camilan berbuka dengan kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.
Cukup mudah, kan, untuk melakukan olahraga saat puasa? Jika kamu melakukan tips-tips tersebut, kamu tidak perlu khawatir lagi karena olahraga dengan cara di atas tidak akan mengganggu puasa kamu. Ditambah lagi jika kamu berhenti berolahraga selama sebulan penuh, kamu akan sulit untuk memulainya kembali dan jadwal olahragamu jadi mudah terbengkalai. Yuk, tetap jaga kebugaran tubuh selama bulan puasa!