Buah

Selama bulan Ramadhan, perbanyaklah konsumsi buah saat berbuka. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, blewah, dan lainnya. Buah-buahan segar dapat membuat tubuh lebih terhidrasi dengan asupan vitaminnya.
source: https://www.pinterest.com/gymondofitness/iss-dein-wasser/

Garam

Saat berbuka atau sahur, hindarilah makanan yang mengandung terlalu banyak garam atau asin. Konsumsi garam dapat membuatmu cepat haus dan lebih mudah dehidrasi sehingga bibir menjadi pecah-pecah. Awasi juga jenis snack yang kamu makan, karena biasanya snack mengandung kadar garam yang tinggi.

Hindari Menjilat Bibir

Hindari kebiasaan membasahi bibir dengan menjilatnya menggunakan air liur. Hal ini justru dapat membuat bibir semakin kering karena air liur mengandung enzim yang digunakan untuk mencerna makanan. Enzim ini tidak baik bila terkena ke bibir, efek sampingnya adalah bibir menjadi pecah-pecah dan menghitam. Lebih baik aplikasikan lip balm setiap kali kamu merasa bibirmu mulai terasa kering.

Lip Scrub

Lip Scrub dimaksudkan untuk menghilangkan kulit-kulit yang mengering pada bibir dan membantu meregenerasinya. Kamu bisa menggunakan Fresh Sugar Lip Polish untuk scrub bibir. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskannya lalu diamkan beberapa saat sebelum membilasnya menggunakan handuk setengah basah.
source: https://www.newbeauty.com/slideshow/1838-best-lip-exfoliators/

Gunakan Sunblock

Kulit bibir yang lebih tipis dibandingkan kulit lainnya, membuatnya lebih rentan mengalami kekeringan saat terkena sinar matahari langsung. Karena itu, pakailah lip sunblock 10 menit sebelum meninggalkan rumah. Kamu bisa mencoba Shiseido Sun Protection Lip Treatment SPF 36 PA++ , produk ini dapat menangkal sinar UVA/UVB dan juga melembabkan bibir. Kamu juga bisa menggunakannya bersamaan dengan lipstick.
source: http://www.shape.com.sg/awards/2015/lip-care/shiseido-global-suncare-sun-protection-lip-treatment-spf36pa