Tubuh manusia normalnya membutuhkan kalori sekitar 1.800 kalori per hari untuk wanita. Sedangkan untuk pria, membutuhkan sekitar 2.800 per hari. Tetapi, setiap tubuh manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung dari berat badan dan aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah penumpukan kalori berlebih, cek dulu jumlah kalori makanan di bawah ini agar bisa memperhitungkan porsi makananmu nanti.

Hidangan Utama

- Opor Ayam & Ketupat

Membacanya saja sudah membuat menelan ludah dan perut berbunyi. Bagaimana jika langsung mensantapnya? Pasti terasa nikmat sekali. Kedua hidangan ini memang mudah ditemui dan rata-rata menjadi hidangan utama pada saat Lebaran. Opor ayam yang dilengkapi dengan potongan ketupat memang sangat nikmat, terutama dilengkapi dengan sambal goreng hati. Tapi, jangan terlalu banyak menikmati makanan ini. Selain kandungan kolesterolnya yang lumayan membuat kepala pusing, kandungan kalorinya juga tinggi, lho.
source: http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/fakta-kalori-5-hidangan-lebaran-1049.html
Dalam satu porsi opor ayam, terdapat 415 kilo kalori. Untuk membakar kalori dalam seporsi opor ayam, Anda harus berlari atau jogging dengan kecepatan sedang selama satu jam.
source: http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/fakta-kalori-5-hidangan-lebaran-1049.html
Sedangkan ketupat yang mengandung karbohidrat dari nasi, memiliki kalori sebesar 144 kalori per 100 gramnya. Ditambah lagi dengan sambal goreng hati yang menyimpan kalori sebesar 346 kalori. Hmm, sudah terbayangkan berapa banyak kalori yang kamu habiskan dalam satu porsinya dan harus berapa lama kamu melakukan jogging untuk membuangnya.

- Rawon

Salah satu masakan khas Jawa Timur ini memiliki kandungan 288 kalori dalam satu porsinya.
source: https://www.selasar.com/gaya-hidup/5-makanan-indonesia-yang-tinggi-kalori
Kandungan kalori ini dapat bertambah jika rawon dimakan dengan nasi putih dan kerupuk.
source: https://www.selasar.com/gaya-hidup/5-makanan-indonesia-yang-tinggi-kalori

- Rendang Daging

Salah satu makanan paling enak urutan pertama di dunia ini memiliki 193 kalori per 100 gram. Dengan kadar lemaknya 51 persen dan kolesterolnya 29 mg.
source: http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/fakta-kalori-5-hidangan-lebaran-1049.html
Bila Anda menyantap rendang saat Lebaran, Anda harus bersepeda selama 1,5 jam untuk membakar kalorinya.
source: http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/fakta-kalori-5-hidangan-lebaran-1049.html

- Sate Ayam

Potongan daging ayam yang dibakar dengan saus kecap dan disantap bersama bumbu kacang memang menjadi pilihan sulit untuk dihindari. Terlebih disandingkan bersama nasi putih hangat. Hmm, pasti membuat perut menjadi kenyang dalam sekejap. Tapi, tahukah kamu dalam 100 gram sate ayam mengandung 466 kalori dan nasi putih sebanyak 204 kalori. Bila di total, dalam sekali makan kamu akan memasukan sekitar 670 kalori dalam tubuh.

Hidangan Camilan & Minuman

- Kue Kering

Hari Lebaran juga identik dengan kue-kue kering yang selalu tersedia di meja tamu. Rasanya yang gurih dan manis menjadikan salah satu camilan favorit saat berbincang dengan sanak saudara.
source: http://www.likethisya.com/resep-kue-nastar.html
Dilansir dari fatsecret.co.id, salah satu kue yang paling banyak dihidangkan adalah kue nastar. Dalam satu buah kue memiliki kalori sekitar 75, satu porsi (60 gram) memiliki 224 kalori, dan 100 gram kue dengan selai nanas ini memiliki kalori sekitar 373 kalori. Terlebih lagi kandungan lemaknya hingga 26 persen dan karbohidrat 68 persen.

- Minuman

Disamping makanan yang dihidangkan, pastinya minuman juga harus ada. Biasanya, minuman yang disuguhkan air putih, sirup, atau minuman bersoda. Tapi tahukah kamu, dalam satu kaleng soda yang berisi 350 ml mengandung 140 kilo kalori dan mengandung gula sebesar 33,76 gram.
Jika dilihat dari kandungan gizi pada minuman bersoda, yang paling menonjol adalah kandungan gula-nya. Jumlah kalori dari minuman soda hampir seluruhnya berasal dari gula.
source: http://kaloriku.com/blog/tag/kalori-minuman/
source: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/06/08/113347126/arab.saudi.terapkan.pajak.tembakau.dan.minuman.soda?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktkwp
Memang yang paling baik untuk diminum adalah air putih, ya. Selain tidak mengandung rasa, air putih juga tidak memiliki kandungan kalori. Bahkan, memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat mengontrol kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Jadi, jangan sampai dietmu gagal setelah lebaran, ya.