1. Awali Aengan Aplikasi Berbasis Bebas Minyak (Oil Free Base)

Perlu diketahui bahwa makeup tidak akan bertahan lama jika diterapkan pada kulit yang berminyak. Untuk itu, sebelum menerapkan makeup, ada baiknya untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih lembut. Kemudian lanjutkan dengan menerapkan pelembab bebas minyak (oil free). Setelah itu, tunggu sekitar 3 – 4 menit sebelum menerapkan makeup. Hal ini bertujuan agar pelembab dapat meresap sempurna ke dalam lapisan kulit.
source: http://www.portalgloss.com.br/base-liquida-oil-free-toque-de-natureza-com-oleo-de-argan-35ml

2. Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

Penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah bisa menjadi alasan lain sehingga makeup tidak bertahan lama dan tidak terlihat sempurna. Untuk itu, lakukanlah eksfoliasi secara teratur minimal sekali seminggu apabila kamu senang mengenakan makeup. Dengan begitu, sel-sel kulit mati akan berkurang dan membuat warna kulit terlihat lebih jelas dan terang, yang pada akhirnya akan membuat aplikasi makeup terlihat sempurna dan tahan lama.
source: http://makeupandbeauty.com/7-exfoliation-mistakes-you-should-avoid/

3. Gunakan Makeup Primer

Makeup primer adalah dasar untuk mendapatkan riasan wajah yang lebih halus dan bertahan lebih lama. Biasanya itu berupa krim, gel, dan bubuk. Terkadang banyak yang mengabaikannya, namun aplikasi makeup primer sebelum menerapkan makeup selanjutnya bisa membuat kulit terlihat lebih halus dengan terisinya pori-pori, sehingga akan menjadi dasar yang baik untuk makeup. Pada akhirnya ini bisa menutupi ketidaksempurnaan yang mungkin bisa nampak di permukaan kulit wajah.
source: http://www.huffingtonpost.com/2015/01/16/what-is-makeup-primer_n_6463190.html

4. Perhatikan Minyak di Wajah Setelah Aplikasi Foundation

Setelah mengaplikasikan foundation, maka minyak atau pelembab yang terkandung pada foundation bisa membuat wajah berminyak dan tentu saja bisa membuat makeup cepat memudar. Untuk itu, perhatikan dengan baik, jika merasa akan berkeringat atau mulai berkeringat di area wajah, usaplah perlahan-lahan dengan tissue atau kertas minyak sebelum mengaplikasikan lebih banyak makeup. Hal ini tidak akan menghapus total foundation yang sudah digunakan, hanya saja tetap biarkan wajah dalam keadaan bebas minyak sebelum mengaplikasikan makeup selanjutnya.
source: http://www.boots.com/en/NYX-Stay-matte-but-not-flat-liquid-foundation_1771369/

5. Lapisi dengan Bedak Tabur

Trik ini banyak diterapkan oleh penata rias untuk membuat riasan tampak sempurna dan bertahan lama. Hanya dengan menerapkan bedak tabur yang memiliki warna senada setelah penggunaan make up primer dan foundation. Dengan begitu makeup bisa bertahan selama berjam-jam.
source: http://sundancedirectsales.com/maybelline-loose-powder-foundation/maybelline-loose-powder-foundation/

6. Aplikasikan Eyeshadow Bersama dengan Eyeliner

Untuk mendapatkan riasan mata yang sempurna, kamu bisa menerapkan eyeshadow bubuk setelah penerapan eyeliner dengan warna yang senada. Hal ini bertujuan untuk menghentikan kemungkinan lunturnya eyeliner, sekaligus membuat eyeliner terlihat lebih jelas.
source: https://id.pinterest.com/sweetassbaker/beauty-makeup/

7. Aplikasikan Maskara Tahan Air (Waterproof)

Ini sudah menjadi hal yang lazim di mana penggunaan maskara tahan air (waterproof) akan membuat riasan mata bertahan lama karena bisa melindungi dari air mata, keringat, atau kelembaban udara.
source: http://best.lovetoknow.com/Best_Waterproof_Mascara

8. Gunakan Lipliner & Kuas Sebelum Memakai Lipstick

Sebelum memakai lipstick, buatlah garis dengan lipliner kemudian mulailah memakai lipstick dengan menggunakan kuas. Jika tidak menggunakan kuas, lipstick akan nampak tenggelam lebih jauh ke dalam garis-garis halus di bibir dan membuatnya tidak bisa bertahan lama.
source: http://beautyeditor.ca/2013/03/06/want-bigger-more-even-looking-lips-i-drew-outside-my-lip-line-and-i-liked-it

9. Set Makeup dengan Bedak Translucent

Sebagai langkah akhir atau finishing, kamu bisa mengunci makeup-mu dengan mengaplikasikan bedak translucent.
source: http://www.makeuptalk.com/wp-content/uploads/2011/10/inglot-Translucent-Powder-Image2-1024x731.jpg

10. Hindari Memegang Wajah Terlalu Sering

Setelah semua makeup teraplikasi di wajah, maka hindari memegang wajah terlalu sering, karena bisa saja noda makeup akan meninggalkan jejak kecil dari kotoran dan minyak pada kulit wajah. Yang pada akhirnya akan cepat memudarkan riasan yang ada di wajah.
source: http://trendymods.com/beauty-ideas-tips/top-15-tricks-tips-that-make-your-make-up-long-last.php