Jogging, Bersepeda, Atau Yoga: Olahraga Ringan yang Mudah Dilakukan

Perlu diingat bahwa kondisi tubuh saat puasa berbeda dengan hari-hari biasa. Kurangnya asupan mineral dan karbohidrat membuat tubuh rentan dehidrasi dan hilang stamina. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan jenis olahraga di saat puasa. Jangan sampai kondisi tubuh malah drop gara-gara olahraga terlalu berat. Jenis olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau yoga adalah pilihan yang tepat. Olahraga tersebut selain ringan dan santai, juga tidak terlalu memakan banyak energi. Sebaiknya hindari olahraga berat macam angkat beban, thai boxing, atau floorball jika kamu belum terlatih. Dikhawatirkan badan menjadi lemas dan kamu akan kehilangan stamina sebelum waktu berbuka tiba. Sayang 'kan jika harus batal hanya karena kehabisan energi setelah olahraga?
source: http://tipstren.pojoksatu.id/wp-content/uploads/2016/01/olahraga-sore.jpg

Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa adalah saat ngabuburit, atau menunggu datangnya bedug maghrib, di jam-jam antara pukul tiga sampai lima sore. Pertama karena pada jam-jam itu, matahari sedang berada di titik yang tidak terlalu terik, alias sedang hangat-hangatnya. Sinar matahari yang bersentuhan langsung dengan kulit mempercepat penguapan air dalam tubuh, sehingga dikhawatirkan tubuh akan lebih mudah haus. Dan dengan meminimalisir agar sinar matahari tidak membuat dehidrasi, waktu yang paling pas adalah sore hari. Dan selanjutnya adalah kebahagiaan karena setelah olahraga bisa langsung santap buka. Bayangkan bila olahraga dilakukan di panas terik jam sembilan pagi, kemungkinan dehindrasi akan jadi lebih tinggi.

Perbanyak Makan Sayur & Buah, Juga Minum Air Putih

Berolahraga tentu membutuhkan banyak energi. Saat puasa, di mana siklus makan kita terhenti sekitar duabelas jam, diperlukan asupan energi lebih disaat berbuka dan sahur. Untuk itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Selain bagus sebagai vitamin dan penambah energi, makanan sehat dapat mendukung aktivitas olahraga kita menjadi maksimal dan tidak gampang dehidrasi. Jangan lupa, konsumsi air putih dua gelas saat berbuka, tiga gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur. Dijamin kamu akan lebih maksimal dan lebih sehat walau sedang puasa. Selamat mencoba!