1. Minum Air Purih Minimal 8 Gelas Setiap Hari

Kita memang tidak bisa mengonsumsi apapun selama 14 jam lebih termasuk minum. Namun, jumlah kebutuhan tubuh akan air tidak berubah. Oleh karena itu, kita harus memiliki trik khusus agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Karena kita hanya dapat mengonsumsi apapun di malam hari hingga waktu subuh, mungkin terasa cukup sulit bagi kita untuk dapat mencukupi asupan air putih ke dalam tubuh. Nah, agar dapat mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, kamu bisa menerapkan pola 242. Saat berbuka, kamu bisa mengonsumsi 2 gelas air putih. Kemudian 4 gelas saat malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas lagi ketika sahur.
source: http://www.liquo8.com/news/detail/23/Ini-Pengaruh-Kadar-pH-Air-Minum-Sehat-Terhadap-Tubuh

2. Konsumsi Buah-buahan yang Mengandung Banyak Air

Buah-buahan sepeti melon, semangka, pir, jeruk, anggur, blewah, nanas, dan sebagainya dapat kamu konsumsi sebagai penambah cairan dan vitamin dalam tubuh. Kamu bisa memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam es yang kamu konsumsi saat berbuka puasa, atau dalam bentuk jus. Untuk menghindari supaya berat badan tidak bertambah, jangan lupa untuk mengurangi kandungan gula di dalamnya. Kamu juga bisa minum air kelapa muda saat berbuka puasa. Air kelapa muda merupakan elektrolit alami yang dapat membantu mencegah dehidrasi.
source: http://www.merdeka.com/sehat/sarapan-buah-buahan-baik-atau-buruk.html

3. Kurangi Melakukan Aktivitas yang Tidak Diperlukan

Memaksakan diri melakukan olahraga berat demi menurunkan bobot tubuh selama puasa merupakan hal yang sebaiknya kamu hindari. Mengapa? Karena melakukan hal seperti ini justru akan membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi dan berakibat pada tubuh merasa lemas dan tak berdaya padahal waktu berbuka masih cukup lama. Kamu tetap dapat berolahraga meski saat puasa, namun dengan porsi yang sesuai dan waktu yang tepat. Jangan sampai obsesimu memperoleh tubuh yang ideal justru merusak ibadahmu dan kondisi kesehatanmu ya! Sama seperti melakukan aktivitas yang lainnya, usahakan untuk menghemat energi agar kamu tidak mudah kelelahan dan merasa lemas.
source: http://m.tempo.co/read/news/2013/02/12/060460827/7-Tanda-Harus-Berhenti-Olahraga