1. Asupan Sayuran yang Sehat

Sayuran kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh setelah seharian berpuasa. Apapun jenis sayurannya dan akan diolah seperti apa, yang terpenting adalah dengan mendapatkan dan mengolah langsung sayuran tersebut, dan bukan berupa sayuran instan apalagi sayur atau sup kalengan. Makanan seperti ini biasanya mengandung sodium yang tinggi dan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh di masa yang akan datang. Beberapa jenis sayuran yang dianggap sangat baik dikonsumsi untuk tetap sehat setelah berbuka puasa antara lain: bayam, selada, kubis ungu, mentimun, brokoli, ubi jalar, kacang polong, kentang, dan lain-lain. Kita bahkan bisa mengolahnya hanya dengan dikukus dan diberikan garam secukupnya saja.

2. Asupan Buah Segar

Buah-buahan kaya akan sejumlah vitamin dan juga air yang dapat menghidrasi kembali tubuh setelah seharian berpuasa. Sebaiknya, pilihlah jenis buah dengan tekstur daging buah yang lembut seperti pisang, apel, alpukat, melon madu, mangga, pepaya, pir, semangka, peach, kiwi, dan beberapa lainnya. Dengan begitu, tubuh akan kembali segar dan akan mengembalikan energi yang berkurang setelah berpuasa.

3. Membuat Salad dari Bahan Alami

Tentu saja makanan yang ingin dimakan saat berbuka puasa adalah makanan yang menyegarkan dan salad menjadi salah satu pilihannya. Kita bisa membuat salad dari bahan alami seperti buah-buahan atau sayuran, serta membuat sendiri dressing salad dari bahan alami pula seperti minyak zaitun, sari cuka apel, madu mentah, atau beberapa lainnya. Untuk resepnya sendiri bisa didapatkan secara online. Yang jelas, gunakanlah bahan alami yang diolah sendiri dalam membuat dressing salad, sebagai salah satu hidangan berbuka puasa pilihan.
source: http://www.nutritionsecrets.com/7-myths-about-3-day-diet/
Perlu diketahui bahwa pada saat baru berbuka puasa maka luangkanlah waktu untuk mengunyah makanan dengan baik. Dalam hal ini, enzim-enzim dalam air liur akan membantu pencernaan, sekaligus mengurangi stress pada sistem pencernaan yang belum sepenuhnya stabil setelah berpuasa seharian. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap memilih jenis makanan yang sehat selama berpuasa baik di saat sahur maupun di saat berbuka puasa.