1. Asupan Makanan yang Bergizi

Pola makan akan mengalami perubahan di bulan puasa di mana kita akan makan di saat sahur dan berbuka. Menurut ahli gizi, asupan makanan saat berpuasa tidak perlu berlebihan melainkan sederhana saja. Yang terpenting, makanan yang akan dikonsumsi itu terdiri dari semua kelompok makanan utama seperti: nasi, sayuran, buah, roti, sereal, kentang, daging, ikan, susu dan produk olahan susu, serta makanan yang mengandung lemak dan gula. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu dalam melepaskan energi secara perlahan selama puasa berjam-jam. Makanan yang mengandung serat perlu dicerna secara perlahan. Selain itu, sangat penting untuk tubuh memiliki cairan yang cukup dan itu semua bisa didapatkan dari asupan buah. Saat berbuka puasa, sebaiknya mulailah dengan meminum banyak air untuk membantu proses revitalisasi dan rehidrasi tubuh. Ada pula beberapa orang yang mengkonsumsi minuman isotonik untuk mengganti garam yang hilang dari tubuh selama berpuasa.

2. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Ada pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari seperti makanan gorengan, makanan berat yang berisi karbohidrat olahan (gula dan tepung gula), makanan berlemak tinggi, serta minuman yang berbasis kafein seperti teh, kopi, dan cola, karena dapat merangsang tubuh untuk kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil.

3. Terapkan Teknik Memasak yang Sehat

Teknik memasak juga berperan dalam menunjang tubuh yang sehat selama berpuasa. Untuk itu perlu menerapkan teknik memasak yang tepat agar mendapatkan asupan makanan yang tetap sehat pula. Kita bisa menerapkan teknik memanggang, merebus, atau mengukus untuk membantu dalam mempertahankan cita rasa dan keaslian dari makanan terutama untuk memasak ayam dan ikan. Jika ingin menggoreng, gunakan margarin rendah lemak atau minyak goreng secukupnya.

4. Berolahraga & Beraktivitas Seperti Biasanya

Jangan karena alasan berpuasa sehingga membuat kita malas bergerak. Tetaplah berolahraga dan beraktivitas seperti biasanya sebab berdiam diri justru terkadang membuat tubuh terasa lebih capek dan lemas. Kita bisa berolahraga yang ringan seperti berjalan kaki setelah sholat subuh dan tetap melakukan aktivitas hingga tiba waktunya berbuka puasa. Dengan begitu puasa tidak akan begitu terasa.