Volume cairan yang hilang dari dalam tubuh setiap hari adalah 1000 - 4500 ml. Ketika tidak sedang berpuasa, kamu bisa segera mengganti cairan yang hilang tersebut dengan makan atau minum. Akan tetapi, ketika sedang menjalankan puasa, kamu harus menunggu waktu berbuka untuk mengganti cairan tersebut. Oleh karena itu, saat berpuasa, kamu akan rentan mengalami dehidrasi yang ditandai rasa letih, lemah, lesu, konsentrasi berkurang, sakit kepala, haus, mual, nyeri sendi, emosi, bahkan jatuh pingsan dan infeksi saluran kemih. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menyeimbangkan volume cairan yang masuk dan yang keluar dari tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang diperlukan tubuh saat berbuka dan sahur. Berikut adalah beberapa buah yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi saat kamu berpuasa.

1. Nanas

Nanas yang rasanya manis dan asam ini mengandung bromelain untuk mencegah penggumpalan darah dan anti inflamasi untuk mengatasi peradangan. Selain itu, asam aminonya juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Jadi, buah ini juga cocok untuk menjaga tubuh kamu agar tetap segar dan bugar serta menangkal berbagai penyakit selama bulan Ramadan.
source: http://dietsehatindonesia.com/manfaat-nanas/

2. Blewah

Blewah memiliki kandungan air 89% yang mampu mendorong tubuh untuk memproduksi energi lebih banyak untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi blewah. Kandungan air yang tinggi itulah yang dapat membantu kamu mengatasi dehidrasi selama 13 - 14 jam, selama kamu berpuasa dan tidak mendapat asupan cairan. Blewah juga mengandung zat gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Kaliumnya yang tinggi dapat memperlancar suplai oksigen ke otak sekaligus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
source: http://wartakesehatan.com/50808/manfaat-buah-blewah

3. Mangga

Selain kandungan air yang tinggi, mangga juga mengandung 135 kalori, serat, mineral, vitamin A, B6, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu tubuh kamu mendapatkan cairan yang cukup serta membuat tubuh kamu tetap bugar selama berpuasa.
source: http://obatalamistroke.urls8.com/manfaat-buah-mangga-yang-ampuh/

4. Anggur

Buah anggur juga mengandung banyak air yang berfungsi meningkatkan cairan dalam tubuh. Selain itu, anggur juga mengandung zat resveratrol yaitu antioksidan yang bagus untuk tubuh. Anggur sendiri ada bermacam-macam, ada anggur hijau, merah, ungu, dan anggur hitam.
source: https://bedahbuah.net/2015/08/05/cara-mudah-mengupas-kulit-buah-anggur/

5. Semangka

Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air sampai dengan 95%. Kandungan elektrolitnya dapat mengatasi dehidrasi sehingga stamina tubuh kamu senantiasa terjaga. Selain itu, kandungan gula di dalamnya berisi berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potasium yang efektif mencegah dehidrasi dibandingkan dengan air biasa.
source: http://www.nangimam.com/2014/01/kandungan-dan-manfaat-buah-semangka.html

6. Buah Berry

Buah berry yang mengandung air hingga 92% adalah strawberry. Strawberry juga termasuk buah yang paling banyak mengandung antioksidan. Selain strawberry, buah berry lainnya seperti raspberry dan blueberry juga bisa mencegah dehidrasi. Selain mengandung air yang tinggi, buah berry juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membersihkan arteri dan mengatur gula darah.
source: http://food.detik.com/read/2012/05/07/150019/1911121/900/makan-buah-berry-kurangi-resiko-parkinson-pada-pria

7. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan air sebanyak 87%. Jeruk juga mengandung 100% vitamin C sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Selain untuk mengatasi dehidrasi saat puasa, jeruk juga bisa mencegah sariawan yang sering menyerang ketika kamu berpuasa.
source: http://www.superindo.co.id/hidup_sehat/info_sehat/lebih_banyak_khasiat_jeruk_selain_vitamin_c

8. Delima

Buah delima juga termasuk buah yang memiliki kandungan air tinggi hingga 90%. Delima juga mengandung 30 kalori dan limonoids yang dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh serta mencegah tumbuhnya tumor/kanker.
source: http://www.kompasiana.com/eno/tentang-rumman-delima-arab_55106181813311d538bc651d

9. Air Kelapa

Buah yang berikutnya adalah kelapa, tapi bukan buah kelapanya yang dikonsumsi, cukup airnya saja. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi 95% serta mengandung sodium dan karbohidrat. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi sehingga stamina tubuh kamu tetap terjaga.
source: http://katalogkuliner.com/2015/11/manfaat-air-kelapa-bagi-kesehatan-dan-ibu-hamil-2.html