1. Membersihkan Wajah secara Ganda

Wanita Korea biasanya akan membersihkan wajahnya secara ganda. Tujuannya adalah untuk menghapus riasan bersama dengan kotoran yang mengendap di wajah sepanjang hari. Berikut ini tahapannya:
1. Hapus riasan dan jejak minyak menggunakan cairan pembersih wajah.
2. Oleskan cleansing oil untuk menghilangkan bakteri, sebum, dan kotoran lainnya.
3. Cuci wajah secara menyeluruh dengan air hangat.
4. Oleskan busa pembersih berformula ringan (mild cleansing foam) dengan bantuan ujung jari dengan gerakan melingkar sambil diberi pijatan lembut selama beberapa menit.
5. Bilas kembali wajah dengan air dingin.
Wanita Korea percaya bahwa tindakan pembersihan wajah secara ganda merupakan kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih bercahaya.
source: http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/tips/g8901/korean-beauty-skincare-routine-10-steps/

2. Mengelupas Permukaan Kulit Wajah

Merawat kulit wajah dengan melakukan pengelupasan (exfoliating) dapat membantu dalam menghapus kotoran di area hidung serta pori-pori yang tersumbat di permukaan kulit wajah sehingga bisa mendapatkan kulit wajah yang terasa halus dan segar. Meskipun metode ini baik, namun tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Selain itu, saat melakukan pengelupasan cobalah untuk fokus pada area wajah yang benar-benar ingin dibersihkan sel-sel kulit matinya, seperti di area pipi dan komedo pada hidung.

3. Penerapan Toning untuk Menyegarkan Kulit Wajah

Metode toning atau penyegaran dimaksudkan untuk membuat kulit dapat menyerap pelembab dengan baik setelah dibersihkan maupun dikelupas. Dalam hal ini toning dilakukan untuk menutrisi kulit dan mengecilkan ukuran pori-pori di wajah secara bersamaan. Wanita Korea percaya bahwa toning dapat menyegarkan kulit wajah yang telah dibersihkan dan mengaturnya untuk mendapatkan metode perawatan kulit wajah selanjutnya.

4. Penerapan Essence untuk Meremajakan Kulit

Penerapan essence menjadi hal yang lazim dilakukan dalam perawatan kulit wajah wanita Korea. Hal ini bisa dilihat dengan menjamurnya produk kosmetik Korea yang sejenis essence yang berupa cairan bergizi penting untuk kulit wajah dengan tekstur yang lebih ringan dari lotion. Dengan teksturnya itu maka sangat mudah diserap kulit sehingga dapat membantu dalam peremajaan kulit. Penerapannya dilakukan dengan cara disemprotkan ke wajah dan leher yang pada akhirnya bisa mengencangkan kulit dan membuat kulit wajah nampak lebih bersinar.

5. Menerapkan Pelembab Ringan di Kulit Wajah

Korea yang terdiri dari 4 musim membuat wanita Korea suka menerapkan pelembab ringan di kulit wajah. Hal ini semakin mencapai puncaknya saat suhu udara dingin di mana kulit bisa menjadi terasa sangat kering sehingga mereka akan rutin menerapkan pelembab ringan. Selain menjaga kelembaban kulit, menerapkan pelembab juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit wajah. Pelembab ini dibuat sesuai dengan tipikal kulit wanita Korea dan kondisi alamnya tanpa meninggalkan kesan berminyak.

6. Menerapkan Masker Wajah Berbahan Alami

Sejak dulu wanita Korea sangat percaya bahwa hal yang terbaik dan paling efektif dalam mendapatkan kecantikan kulit yang bertahan lama datang langsung dari alam. Itulah sebabnya mereka memilih untuk menerapkan penggunaan masker wajah berbahan alami untuk menjaga kecantikan kulit wajahnya. Bahan-bahan alami yang populer dalam masker wajah buatan Korea terbuat dari fermentasi ragi, teh hijau, dan siput. Biasanya mereka akan menerapkan masker wajah 2 kali seminggu diikuti dengan pijat wajah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan kulit yang sehat bercahaya.
source: http://www.allure.com/beauty-trends/blogs/daily-beauty-reporter/2015/11/sheet-mask-how-to.html

7. Menerapkan Krim Wajah Ber-SPF

Pada umumnya wanita Korea tidak akan melangkah keluar rumah tanpa menerapkan tabir surya, terutama di musim panas. Penerapan krim wajah ber-SPF seperti BB Cream selain untuk melindungi kulit dari sengatan matahari berlebih, juga membantu mencegah keriput, penuaan dini, dan noda.

8. Rutin Mengaplikasikan Krim Mata

Daerah di sekitar mata sangat halus dan membutuhkan perawatan ekstra. Oleh karena itu wanita Korea akan menjaga area matanya dengan rutin menerapkan krim mata di sekitar mata sebelum tidur untuk mencegah terjadinya lingkaran hitam, keriput, serta pembengkakan di sekitar area mata.

9. Pola Makan yang Sehat

Selain merawat kulit wajah dari luar dengan serangkaian bentuk perawatan, wanita Korea juga percaya bahwa pola makan yang sehat juga akan sangat mempengaruhi tampilan luar dari kulit mereka terutama kulit wajah. Untuk itulah mereka kerap melakukan pola makan yang sehat, bergizi, bervariasi, dan kaya nutrisi. Salah satu hidangan Korea yang paling sering dihidangkan adalah Kimchi. Kimchi yang merupakan kubis yang difermentasi ternyata sarat akan vitamin C dan betakaroten yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Selain kimchi, ada juga minuman Korea, yaitu Makgeolli yang merupakan fermentasi anggur beras yang kaya akan limpahan mineral dan asam amino. Hal ini akan membantu dalam mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit.