Asupan Nutrisi yang Cukup & Seimbang

Perhatikan menu makananmu baik saat buka maupun sahur. Menu makanan empat sehat lima sempurna adalah menu yang ideal untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisi. Tidak sekedar kenyang, tetapi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, maupun serat harus terjaga keseimbangannya. Kurangnya salah satu kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat menyebabkan tubuhmu tidak sehat.

Perbanyak Minum Air Putih

Tidak minum selama berpuasa dapat menyebabkan tubuhmu mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, ganti cairan tubuh yang berkurang dengan memperbanyak minum air putih saat buka dan sahur. Penuhi kebutuhan air dengan meminum setidaknya dua liter air per hari. Memperbanyak minum air putih juga bisa menjauhkanmu dari risiko penyakit ginjal dan penyakit-penyakit lainnya, lho.

Tidur yang Berkualitas & Cukup

Ayo, mulai sekarang kurangi kebiasaan begadang dan mulailah pola tidur yang teratur. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu tubuhmu untuk segera pulih ke kondisi maksimal setelah seharian beraktivitas selama berpuasa. Ingat, bukan hanya telepon genggammu yang perlu diisi ulang baterainya, tapi tubuhmu juga perlu diistirahatkan ya. Tapi, jangan lupa menyalakan alarm supaya kamu tidak kesiangan saat sahur.

Tetap Bersemangat dalam Beraktivitas

Ya, berpuasa bukan berarti membuat diri kita menjadi lemah dan malas bergerak. Tetap semangat dan jalankan aktivitasmu seperti biasa! Kurang gerak justru dapat berakibat buruk bagi tubuhmu, seperti kurang lancarnya aliran darah. Tidak hanya itu, kurang gerak juga dapat menyebabkan gerak peristaltis saluran pencernaanmu melambat. Akibatnya, kamu bisa mengalami kesulitan buang air besar.
Nah, ternyata tidak sulit ya menjaga kesehatan walaupun dalam keadaan berpuasa. Yang terpenting adalah kedisiplinanmu dalam menjaga kesehatanmu sendiri. Selamat mencoba!