Perbanyak Cadangan Air

Pada saat ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 12 jam. Bila kekurangan cairan, maka yang terjadi adalah tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga ibadah puasa yang kamu jalani harus dibatalkan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat berbuka dan sahur dengan cara minum banyak air putih sebelum dan sesudah menyantap hidangan yang tersedia. Hindari mengkonsumsi minuman yang manis terlebih dahulu agar kamu dapat meminum air putih lebih banyak.
source: http://www.pesona.co.id/article/7-tip-sahur-sehat
Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.
source: http://www.pesona.co.id/article/7-tip-sahur-sehat

Lebih Cermat Memilih Makanan

Puasa selama 12 jam setiap harinya membuat kamu semakin lahap ketika menyantap hidangan berbuka atau sahur. Sekalipun perut terasa sangat lapar, sebaiknya kamu tetap makan dalam porsi normal, tidak perlu berlebihan agar perut tidak terlalu kenyang dan nantinya akan menjadi sangat lapar pada saat melakukan ibadah puasa. Selain memperhatikan porsi makan, kamu juga sebaiknya memperhatikan jenis santapan. Hindari makanan berminyak yang terlalu banyak agar terhindar dari masalah pencernaan. Selain itu, kurangi mengonsumsi yang manis-manis agar tubuh tidak cepat lemas saat berpuasa.
source: http://webkesehatan.com/tips-sehat-puasa-ramadhan/
Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
source: http://webkesehatan.com/tips-sehat-puasa-ramadhan/

Peran Penting Serat dan Protein

Selama berpuasa, kamu wajib mengkonsumsi lebih banyak serat dan protein agar tubuh tetap sehat. Serat dapat ditemukan pada sayur dan buah serta protein terdapat pada daging sapi, ayam, makanan laut serta kacang-kacangan. Kamu bisa mengganti cemilan manis dengan buah-buahan dan perbanyakan masakan sayur. Bila bosan dengan protein hewani, Kamu bisa menggantinya dengan protein nabati seperti tempe atau tahu. Bisa juga dengan mengkonsumsi yogurt sebagai sumber protein dan buah sebagai sumber serat.
source: http://m.dream.co.id/fresh/5-cara-sehat-saat-berpuasa-1407078.html
Makanan sahur hendaknya mengandung banyak protein yang banyak ditemukan dalam telur, keju, yogurt, kacang-kacangan. Selain itu juga harus mengandung serat yang sering dijumpai dalam buah, sayuran, biji-bijian dan sebagainya.
source: http://m.dream.co.id/fresh/5-cara-sehat-saat-berpuasa-1407078.html