1) Exfoliate

Exfoliate atau mengelupas tidak hanya untuk kulit muka dan badan saja, tetapi bibir kita pun memerlukan jenis perawatan ini. Tujuannya sama, untuk membuang kulit mati pada bibir kita. Metode ini dapat dilakukan dengan produk lip scrub ataupun dengan cara alami seperti menggunakan sikat gigi atau gula. Jika ingin yang praktis, dapat membeli lip scrub dari berbagai toko perawatan kulit. Namun, jika ada cukup waktu, kamu bisa mencoba dengan sikat gigi. Caranya cukup mudah, cukup gosokan dengan gerakan vertikal yang lembut pada permukaan bibir secukupnya. Dalam seketika, bibir akan tersa lebih lembut. Atau, bisa juga mencapurkan gula, madu dan lemon dan menggosoknya di area bibir. Lemon juga dipercaya untuk meningkatkan kecerahan bibir.

2) Gunakan Lip Balm

Lip balm berfungsi layaknya krim muka untuk kulit wajah. Pengolesan lip balm secara teratur juga dapat merawat dan melindungi bibir. Pengolesan lip balm tidak hanya saat bibir sudah telanjur kering tetapi ada baiknya sebelum mengaplikasikan lipstick, setelah melakukan exfoliation, dan setiap kali kita akan memasuki ruangan dengan temperatur yang dingin. Tidak hanya itu, beberapa lib balm memiliki SPF dengan tingkatan tertentu yang dapat mencegah paparan sinar UV matahari. Ada baiknya untuk memilih lip balm dengan kandungan SPF terutama bagi yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

3) Konsumsi Buah & Sayur

Selain merawat dari luar, tentunya perawatan dari dalam pun diperlukan. Konsumsi buah dan sayur di saat bulan puasa akan menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh, termasuk dapat mencegah bibir cepat kering.

4) Kurangi Makanan Pedas & Asin

Sambal merupakan kesukaan banyak orang Indonesia pada saat makan. Namun sebaiknya di kala sahur maupun berbuka, kurangi rasa pedas atau asin pada makanan. Selain memang tidak terlalu baik untuk lambung dan akan menimbulkan rasa lapar lebih cepat, mengkonsumsi rasa pedas dan asin terlalu berlebihan dapat memicu bibir menjadi cepat kering dan pecah-pecah.

5) Hindari Menjilat Bibir

Terkadang kita merasa menjilat bibir akan membuat bibir tidak kering. Namun, air liur yang menempel pada bibir kita justru akan mempercepat bibir menjadi kering. Jadi mulai usahan untuk tidak membiasakan menjilat bibir, ya.