1. Istirahat Sebelum Berangkat

Agar tubuh terasa bugar dan fit sebelum perjalanan, istirahatlah yang cukup sebelum keberangkatan. Tidurlah yang cukup minimal 6-8 jam sebelum berangkat. Tidur yang cukup dapat mengembalikan energimu sehingga kamu bisa terasa fit dan bugar setelahnya.
source: http://sorotmedia.com/ucapan-sebelum-tidur.html

2. Makan Terlebih Dulu

Usahakan makan terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan. Terlebih bagi kamu yang memiliki penyakit maag. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan serta makanlah makanan yang bergizi. Namun jika kamu melakukan perjalanan saat sedang berpuasa, persiapkanlah semuanya di saat sahur.
source: http://travel.detik.com/read/2012/11/26/155054/2101688/1048/traveling-ke-berbagai-negara-ikuti-etiket-makan-malamnya

3. Konsumsi Suplemen

Selain mengonsumsi makan bergizi, sebaiknya konsumsi suplemen sebagai tambahan dan pelengkap karena dibutuhkan kondisi yang super prima selama perjalanan yang menyita banyak energi. Dan jangan lupa untuk membawanya sehingga dapat kamu konsumsi kembali saat diperlukan.
source: http://lebihwaw.blogspot.co.id/2016/05/kita-mungkin-tidak-menyadari-bahwa.html

4. Bawa Obat-obatan yang Diperlukan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan. Jika menderita penyakit tertentu, bawalah obat yang rutin dikonsumsi dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Obat-obatan sederhana seperti obat sakit kepala, obat masuk angin, atau obat yang dapat mencegah mengalami mabuk perjalanan tidak boleh dilupakan saat mudik. Bawalah pula obat sakit maag dan minyak aromaterapi yang hangat sebagai persiapan.
source: http://health.detik.com/read/2013/03/07/145742/2188597/763/ini-caranya-membedakan-obat-palsu-dan-ilegal

5. Manfaatkan Tempat Istirahat

Manfaatkan tempat istrihat untuk melakukan gerakan ringan untuk merenggangkan otot dan membuat tubuh rileks. Gerakan ringan dengan menggerakkan bagian tangan, leher, dan kaki setidaknya dapat membuat tubuh merasa lebih baik.
source: http://www.alodokter.com/membiasakan-diri-untuk-olahraga-ringan-di-kantor

6. Bawa Bekal Makanan & Minuman

Bawalah bekal makanan dan minuman untuk di perjalanan. Bawalah bekal secukupnya dan hindari membawa makanan yang mudah basi. Kamu juga bisa membawa buah sebagai pelengkap sekaligus memberi rasa segar seperti jeruk, anggur, atau pisang.
source: http://www.dbento.com/2010/05/bekal-empat-sehat-lima-sempurna.html

7. Istirahat Cukup Selama Perjalanan

Manfaatkan istirahat di dalam kendaraan selama perjalanan dengan tidur sejenak agar tubuh tetap terasa bugar dan untuk menghindari tubuh mengalami kelelahan.
source: http://www.independenttraveler.com/travel-tips/travelers-ed/10-ways-to-survive-a-long-haul-flight