Tips Memilih Potongan Rambut yang Sesuai Saat Berhijab

Walaupun hijab nantinya akan menutupi rambut kita, memperhatikan potongan rambut sangat penting agar kita selalu nyaman saat mengenakannya. Gaya rambut yang sesuai juga akan memudahkan kita untuk melakukan perawatan karena dengan berhijab bukan berarti kita tidak lagi memperhatikan kesehatan dan keindahan rambut. Tatanan rambut yang tepat akan mengurangi ketegangan pada kulit kepala saat tertutupi hijab. Seringkali kita menguncir dan menggulung rambut sebelum menutupi kepala dengan hijab. Padahal jika sering dilakukan, hal tersebut akan menghambat peredaran darah di area kulit kepala. Tidak heran jika kita merasa sedikit pusing saat terlalu lama mengenakan hijab.
source: http://cdn.aquila-style.com
tatanan rambut di balik hijab yang membuat kepala menjadi pusing
source: http://cdn.aquila-style.com
Saat berhijab, rambut di area pelipis dan dahi terkadang menyembul dan mengintip keluar, terlebih saat kita melakukan banyak aktifitas. Menyebalkan sekali bukan? Dengan memilih gaya rambut yang tepat, kita dapat menyiasatinya sehingga penampilan hijab menjadi lebih rapi, nyaman, dan tidak merusak struktur rambut. Kini saatnya mencoba beberapa potongan gaya rambut berikut bagi yang berhijab:
1. Traditional Braid
source: http://redmarketnyc.com/
tatanan rambut traditional braid
source: http://redmarketnyc.com/
Rambut yang panjang dan mengembang? Tidak perlu memangkasnya terlalu pendek, potonglah sepanjang bahu. Untuk menyiasati rambut yang panjang dan mengembang agar lebih rapi saat mengenakan hijab, hindari menguncir atau menggelung rambut. Traditional Braid adalah bentuk kepang yang sangat mudah dilakukan dan tidak akan merusak struktur rambut. Tatanan rambut kepang tradisional ini juga terbukti sangat efektif untuk mengurangi ketegangan di area kepala. Dengan begitu kita tidak akan mengalami rasa pusing walaupun terlalu lama mengenakan hijab. Selain itu, rambut di sekitar pelipis dan dahi tidak akan lagi muncul dan mengintip keluar.
2. Ponytail
source: http://www.hairandhealth.co.uk/
tatanan rambut ponytail
source: http://www.hairandhealth.co.uk/
Memelihara rambut terlalu panjang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman terlebih pada kulit kepala yang banyak berkeringat dan berminyak. Memangkasnya terlalu pendek juga akan menjadi permasalahan tersendiri bagi yang tidak menyukai gaya rambut pendek. Rambut lurus cenderung mudah diatur, jadi potonglah sepanjang bahu. Pemilik rambut lurus dapat memanfaatkan ikatan ekor kuda sebagai alternatif paling cepat dan praktis saat akan mengenakan hijab. Model rambut panjang memang sangat digemari bagi kebanyakan wanita, oleh karena itu agar penampilannya tetap rapi, manfaatkanlah gaya tersebut. Bukankah mengikat rambut akan membuat kepala kita menjadi lebih cepat pusing? Tidak, selama kita menguncirnya tidak terlalu tinggi. Ikatan ekor kuda yang terlalu tinggi akan menimbulkan ketegangan. Ikatlah rambut sejajar dengan garis telinga.
3. Clipped Back
source: https://img.buzzfeed.com/
tatanan rambut pendek
source: https://img.buzzfeed.com/
Nah, potongan rambut pendek juga banyak dipilih bagi yang baru membiasakan diri untuk berhijab. Selain praktis, perawatan rambut pendek menjadi lebih mudah. Bagi penyuka rambut pendek, agar tidak ribet merapikan rambut saat akan mengenakan hijab, ada baiknya memanfaatkan jepit rambut dan bando untuk menyingkirkan rambut agar tidak mengintip ke permukaan.
4. French Braid
source: http://pixel.brit.co/
kepang untuk memendekkan rambut panjang
source: http://pixel.brit.co/
Penyuka rambut panjang melebihi bahu dapat memilih alternatif French Braid untuk merapikan rambut sebelum menutupinya dengan hijab. Apakah perbedaannya dengan Traditional Braid? Kepangan ala Prancis ini dapat lebih memendekkan rambut dibandingkan dengan kepang tradisional. Kepangan ala prancis dimulai dari atas hingga menjuntai kebawah sehingga lebih praktis dan nyaman untuk menata rambut panjang yang melebihi bahu. Gaya rambut ini juga paling banyak digunakan karena akan menambah volume rambut saat tertutupi dengan hijab. Bahkan saat kita melepas hijab di tempat umum seperti mushola atau kamar mandi khusus wanita, rambut kita tetap terjaga kerapiannya dan terlihat lebih indah dibandingkan dengan hanya menguncir atau menggelungnya. French Braid juga dapat mengurangi kerusakan rambut karena rambut menjadi tidak cepat lepek karena bercampur keringat.
Baik potongan rambut panjang maupun pendek, keduanya tidak akan mengganggu penampilan berhijabmu setelah mencoba trik di atas. Semoga bermanfaat,ya!
“Hijab is a symbol of modesty it includes the way a person walk, talks, looks and thinks – Anon.”