Jangan Digunakan Setiap Hari

Gunakan alat styling pemanas ketika diperlukan. Dengan menggunakannya setiap hari, kemungkinan rambut akan kering dan tidak sehat sangat besar. Dengan rambut yang kering atau bahkan kering karena di cat, akan menambah kerusakan rambut yang membuatmu harus memotong ujung-ujung rambut. Blow rambutmu 3-5 kali dalam satu minggu, dan coba meminimalisir penggunaan catokan (flat/curl) 1-2 kali seminggu.
source: http://www.pocampo.com/blogs/all/17882616-frizzy-hair-tips-for-humid-summer-days#

Pilih Size yang Tepat

Pilih ukuran alat styling rambut yang sesuai dengan ketebalan rambutmu. Jika rambutmu normal, gunakan ukuran yang kecil. Jika rambutmu panjang dan tebal, gunakan alat styling yang medium karena akan lebih cepat dan hasilnya lebih bagus. Selain itu, ukuran alat styling juga menentukan hasil tatanan rambutmu.
source: http://bestflatironreview.com/how-to-choose-a-best-curling-iron-wand/

Gunakan Alat Profesional

Pilih alat styling yang memenuhi standard. Bahan dari ceramic atau tourmaline adalah jenis yang sudah cukup baik untuk rambut dan juga aman untuk digunakan. Professional tools akan lebih cepat panas dan tingkat panasnya stabil, sehingga ketika digunakan, kamu tidak perlu menahannya terlalu lama.
source: http://www.hairstraightenerjudge.com/experts-roundup/whats-no1-tool-hair-styling/

Gunakan Vitamin Rambut

Pastikan sebelum kamu menggunakan alat pemanas rambut, apapun itu jenisnya, pakai selalu vitamin rambut yang berguna untuk melindungi rambut dari kerusakan. Aplikasikan mulai pada tengah hingga ujung rambut. Hindari pengaplikasian pada kulit kepala karena berisiko menjadi berminyak atau muncul ketombe.
source: http://www.mpoc.org.my/Palm_Vitamin_E_tocotrienols_benefits_hemodialysis_patients.aspx

Melembabkan Rambut

Selain mengaplikasikan vitamin sebelum menggunakan pemanas rambut, jaga kelembaban rambut dengan berbagai macam treatment. Di antaranya adalah dengan menggunakan kondisioner pada saat mencuci rambut. Rutin melakukan treatment seperti creambath, atau untuk kasus yang lebih parah, disarankan untuk melakukan hair mask.
source: http://mantello.co.uk/natural-masks-dry-hair/