1. Apa Itu Stretch Marks?


Sebelum mencari penyebab stretch marks, mari kita kenali apa sih stretch marks itu?
source: https://www.riiviva.com/stretch-marks
Stretch marks atau guratan ini merupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelamaan, garis merah ini akan berubah menjadi garis berwarna putih. Stretch marks muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut.
source: http://www.thefaceshop.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=170:penyebab-stretch-marks-serta-mencegah-stretch-marks&catid=1:beauty-tips&Itemid=82
source: http://www.scarmd.net/stretch-marks/how-to-prevent-stretch-marks/
Perlu diketahui bahwa stretch marks bukan tanda penuaan. Secara medis memang tidak mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, tetapi dari segi estestika akan membuat resah dengan munculnya stretch marks lebih dini.
source: http://www.kecantikan.web.id/perawatan-kulit/jangan-resah-karena-stretchmarks-inilah-penyebab-dan-cara-mengatasinya.htm
Seringkali orang berpikir selulit sama dengan stretch marks, sehingga menyebabkan penanganan yang kurang tepat. Padahal, keduanya berbeda lho.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/23/090339/2070002/234/tubuh-dihiasi-selulit-atau-stretch-marks-kenali-dulu-perbedaannya
Stretch marks merupakan suatu kondisi rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak ada hubungannya dengan lemak seperti selulit. Stretch marks bisa terlihat jelas tanpa harus menekan kulit terlebih dahulu.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/23/090339/2070002/234/tubuh-dihiasi-selulit-atau-stretch-marks-kenali-dulu-perbedaannya
Selulit merupakan lemak berlebih yang membentuk jaringan parut dan dapat dideteksi dengan cara menekan kulit. Ketika kulit ditekan dan membentuk jaringan seperti kulit jeruk, itulah yang disebut selulit.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/23/090339/2070002/234/tubuh-dihiasi-selulit-atau-stretch-marks-kenali-dulu-perbedaannya

2. Kehamilan Menyebabkan Munculnya Stretch Marks


Setelah mengetahui apa itu stretch marks, mari kita kenali penyebabnya.
source: http://www.bundakonicare.com/kehamilan/penyebab-timbulnya-stretch-mark-saat-hamil/
Kebanyakan wanita mengalami stretch marks biasanya pada perut, payudara, dan paha. Para pakar setuju bahwa tidak ada yang dapat dilakukan untuk menghentikan mereka. Kehamilan menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dari biasanya dan ditambah dengan cepatnya peregangan kulit selama kehamilan menyebabkan stretch marks.
source: http://ciricirioranghamil.com/ciri-ciri-orang-hamil-muda-pada-trimester-pertama

3. Bertambahnya Berat Badan dalam Waktu Singkat

source: http://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/1059776/organize-a-group-weight-loss-challenge
Pola makan serta hidup yang tidak benar dan teratur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan yang cepat akan menarik dan merenggangkan bagian kulit pada tubuh.
source: http://www.tetaclinic.com/index.php/news-events/beauty-news/31-kenali-penyebab-stretch-marks
source: http://www.vectorstock.com/royalty-free-vector/a-fat-girl-vector-1426095
Nah, ketika berat badan bertambah drastis, lapisan dermis yang berada di atas lapisan lemak jadi teregang secara radikal. Akibat terlalu dipaksakan melar, lapisan kulit yang mengandung banyak pembuluh darah dan sel kulit muda ini lalu menjadi pecah. Sehingga, akan memunculkan gurat-gurat berwarna keunguan yang diiringi rasa gatal. Warna ungu ini muncul sebagai akibat dari adanya aktivitas pigmen kulit melalui melanosit yang menyebabkan robekan pada bagian dermis kulit.
source: http://m.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/Kulit-Indah-Bebas-Masalah

4. Pubertas

source: http://wearewinner.wordpress.com/2013/12/12/mengenali-masa-pubertas-2/7/
Pada masa pubertas, laju pertumbuhan tubuh dan hormon pada remaja sangat cepat. Dengan demikian, lapisan kulit dermis bertambah bebannya. Biasanya pada tumbuh perempuan muda akan muncul stretch marks di payudara, paha, lengan, dan pinggul.
source: http://www.kecantikan.web.id/perawatan-kulit/inilah-5-fakta-kemunculan-stretch-marks.htm

5. Pakaian Terlalu Ketat

source: http://female.kompas.com/read/2014/01/29/1717051/Perempuan.Jangan.Terlalu.Sering.Mengenakan.Pakaian.Dalam.Ketat
Memakai pakaian terlalu ketat, menyebabkan terganggunya suplai oksigen dan terhambahnya aliran darah. Kondisi ini memicu trauma pada kulit, dan jika kuli dalam keadaan kering, saat peregangan terjadi akan membentuk stretch marks.
source: http://www.menstruasi.com/node/12324
Semoga informasi ini membantu kamu mengenali penyebab kemunculan stretch marks ya, Minasan!