Cuci dan Gosok Kuku Kaki


Cuci kaki setiap kali selesai beraktivitas di luar. Gosok dengan lembut agar kotoran terlepas dengan sempurna. Pilihlah sikat yang lembut agar tak melukai kukumu.
source: http://blog.khoobsurati.com/tips-pamper-feet-winter.html
Kotoran hitam yang muncul di sela-sela pada kuku kaki itulah yang membuat kuku menjadi terlihat kotor, oleh karena itu Anda harus membersihkannya. Akan sangat disarankan bagi Anda untuk rajin menyikat kuku minimal 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.
source: http://catatankecil.com/2014/09/14/cara-merawat-dan-membersihkan-kuku-kaki-dengan-baik/

Rendaman untuk Kaki


Merendam kaki bisa memberikan efek relaksasi yang akan membuat kaki merasa sangat nyaman. Tidak hanya kaki, kuku kaki juga akan mendapat manfaat dari rendaman ini. Cukup tambahkan garam atau minyak zaitun pada air hangat lalu rendam kakimu.
source: http://www.gogomall.co.id/blog/news/tips-redakan-pegal-di-kaki-dengan-air-rendaman-sendiri
Rendam kuku yang gatal dalam wadah berisi cuka. Bisa juga dengan menuang cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke jari yang terkena jamur. Biarkan selama beberapa menit, jangan digaruk. Setelah itu cuci dengan air bersih dan biarkan kering. Tingkat keasaman cuka terbukti mampu meringankan gatal yang ditimbulkan jamur.
source: https://www.facebook.com/notes/dr-oz-indonesia/dr-oz-indonesia-merawat-kaki-indah-beserta-kuku-kaki-agar-terbebas-dari-jamur/188957147922282
Rendam dalam obat kumur. Umumnya, obat kumur mengandung thymol, eucalyptol, dan salicylate. Semua unsur itu ternyata efektif untuk membunuh bakteri dan jamur. Bersihkan dan keringkan kuku, lalu rendam dalam cairan obat kumur. Bisa juga dengan menyemprotkannya. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dan keringkan.
source: https://www.facebook.com/notes/dr-oz-indonesia/dr-oz-indonesia-merawat-kaki-indah-beserta-kuku-kaki-agar-terbebas-dari-jamur/188957147922282
Garam terbukti memiliki fungsi mencegah tumbuh dan berkembangnya bakteri. Anda bisa merendam kaki Anda dalam rendaman air garam hangat setiap hari untuk menghindarkan kuku kaki yang infeksi setelah rusak. Rendaman air garam ini juga terbukti mampu membantu mempercepat keringnya luka pada kuku kaki yang rusak sehingga dapat tumbuh kembali secara optimal.
source: http://aylacream.com/cara-merawat-kuku-kaki-yang-rusak.html

Rutin Memotong Kuku Kaki


Kuku kaki memang cenderung lebih lama tumbuh jika dibandingkan dengan kuku tangan. Namun bukan berarti kamu boleh membiarkannya panjang. Rutin potong kuku kaki walaupun belum terlalu panjang untuk menghindari masuknya kotoran dan menjaganya tetap bersih. Selain itu, kuku kaki yang panjang bisa membuat kurang nyaman saat menggunakan sepatu yang tertutup.
source: http://www.lepotaizdravlje.rs/moja-beba/zdravlje/nega/secemo-noktice/
Biasakan memendekkan kuku kaki karena kuku kaki lebih rentan terserang jamur dan bakteri. Dan apabila kuku kaki panjang, sulit untuk dibersihkan.
source: http://reps-id.com/berbagai-penyakit-dan-tips-merawat-kuku-kaki/
Walaupun pertumbuhan kuku kaki cenderung lebih lambat daripada pertumbuhan kuku tangan, tetapi kuku kaki harus tetap dipotong dan dirapikan. Pemotongan kuku kaki sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali agar terlihat cantik. Kuku kaki yang pendek yang rapi juga juga merupakan salah satu cara merawat kuku kaki yang akan menambah kenyamanan jika memakai sandal atau sepatu yang terbuka, tanpa harus terganggu dengan penampilan kuku kaki yang panjang.
source: http://lifestyle.blog-guns.com/2014/08/cara-merawat-kuku-kaki.html

Alas Kaki yang Nyaman


Hindari penggunaan alas kaki yang tidak nyaman. Selain tidak baik untuk kaki, hal ini juga akan berdampak buruk bagi kuku kaki. Jadi hati-hati memilih alas kaki ya, Minasan!
source: https://creativaclub.wordpress.com/2012/06/08/50-superb-examples-of-photos-focusing-on-red-color/
Kuku kaki yang rusak sebaiknya hindari sejumlah alas kaki tertutup terutama yang berukuran kecil atau sesak. Hal ini dikarenakan, kuku kaki yang rusak bisa menjadi infeksi jika Anda paksa masuk ke dalam alas kaki tersebut. Untuk sementara Anda bisa menggunakan alas kaki terbuka seperti sandal untuk lebih memberikan ruang terbuka pada kaki. Sehingga luka atau sel kuku yang rusak dapat dengan cepat mengering.
source: http://aylacream.com/cara-merawat-kuku-kaki-yang-rusak.html

Pakai Pelembab Jika Perlu


Pelembab penting untuk menjaga kaki dan kukumu tetap sehat dan terjaga kelembabannya. Gunakan secara menyeluruh sampai ke ujung kuku kakimu ya!
source: http://www.thedigitalistas.com/2012/08/lush-fair-trade-foot-lotion/
Pakai pelembab setiap pagi dan malam hari sampai ke ujung kuku kaki terutama setelah mandi, agar kuku selalu lembab dan tidak mudah patah.
source: http://www.femina.co.id/cantik/beauty.tips/merawat.kuku.kaki/002/005/147
Disarankan juga bagi Anda untuk menggunakan lotion pelembab telapak kaki, khususnya bagi Anda yang sering menggunakan sepatu seharian. Tujuan dari penggunaan pelembab telapak kaki ini supaya sela jari dari kuku kaki selalu lembut.
source: http://catatankecil.com/2014/09/14/cara-merawat-dan-membersihkan-kuku-kaki-dengan-baik/
Semoga tips di atas bermanfaat ya, Minasan!