Minum Cukup Air


Air adalah kebutuhan utama bagi tubuh. Jika kebutuhan air dalam tubuh tidak tercukupi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang kemudian menjadi penyebab timbulnya masalah pada kesehatan. Tidak hanya kulit, organ tubuh, dan bahkan kuku sangat membutuhkan air, lho.
source: http://www.minibeautylife.com/todays-beauty-secret/
Air putih merupakan sumber alam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia tak terkecuali kesehatan kuku. Di dalam air, terkandung mineral yang berfungsi untuk menyuplai air dalam kuku agar tidak mengering. Air juga terbukti dapat memperkuat dan membuatnya semakin mengkilap.
source: http://manfaatnyasehat.com/mengintip-cara-merawat-kuku-yang-benar/

Penuhi Kebutuhan Kalsium


Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, gigi, dan juga kuku. Penuhi kebutuhan kalsium tubuh untuk menjaga tulang dan kukumu tetap sehat, ya!
source: http://neomo.ca/calcium-and-vitamin-d-recommendations/
Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, ikan sarden, keju, brokoli, apel merah, stroberi, pepaya, nanas, anggur, biji-bijian, dan kacang-kacangan, dapat membantu memperkuat kuku.
source: http://rawatkuku.blogspot.com/2014/03/cara-merawat-kuku-bersih-dan-alami.html

Asupan Vitamin


Tidak semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi hanya dari makanan saja. Ada kalanya kamu butuh asupan tambahan dari suplemen vitamin.
source: http://duniafitnes.com/supplement/manfaat-lengkap-dari-vitamin-b-komplex.html
Suplemen biotin atau vitamin B7 sudah terbukti berpengaruh baik pada kuku yang rapuh, dan mungkin juga berguna bagi orang yang memiliki kuku kering. Suplemen Vitamin E juga telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi atau menguatkan kembali kuku yang rapuh. Pada saat vitamin E dioleskan pada permukaan kuku, maka akan mengurangi masalah kuku berwarna kuning dan meningkatkan pertumbuhan kuku.
source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/tips-merawat-kuku-agar-kuat-dan-sehat.html

Rajin Potong Kuku


Kuku pendek lebih sehat daripada kuku yang dibiarkan panjang. Kuku yang panjang bisa membawa kuman dan bakteri tanpa kamu sadari! Hal ini bisa menjadi awal dari masuknya penyakit ke dalam tubuhmu.
source: http://meetdoctor.com/article/memotong-kuku-bayi#
Kuku yang panjang selain menjadi tempat bakteri dan kuman, juga lebih rentan patah atau juga rapuh jika tidak berhati-hati. Sehingga, potonglah kuku secara teratur.
source: http://rawatkuku.blogspot.com/2014/03/cara-merawat-kuku-agar-sehat-alami.html
Ada baiknya jika Anda memotong kuku agar kuku tidak terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang selain mengganggu aktifitas juga rawan patah. Selain itu, resiko rusak dan tidak rapinya kuku dapat lebih besar jika kuku terlalu panjang.
source: http://aylacream.com/cara-merawat-kuku-tangan-agar-indah.html

Ramuan Sehat untuk Kuku


Kuku juga perlu masker, lho! Tapi tidak perlu repot-repot ke salon, kok. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.
source: http://www.xovain.com/nails/diy-nail-treatment-masks
Campuran madu, telur, dan minyak zaitun. Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Kita yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakan tip ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10-15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.
source: http://anekacara-tips.blogspot.com/2013/10/cara-merawat-kuku-secara-alami-agar.html

Jaga Tetap Lembab


Kuku yang terlalu keras beresiko mudah patah. Sebaliknya, kuku yang terlalu lunak memiliki resiko mudah rusak karena rapuh. Jaga kelembaban kukumu agar tetap sehat dan kuat.
source: http://blog.themedicalcenterofplano.com/2012/12/03/handwashing-hints-for-the-whole-family/#.VK4wMSusV2Q
Air sangat membantu untuk membersihkan kuku. Namun meskipun permukaan kuku keras, air bisa meresap dan melembutkan kuku jika direndam kedalamnya. Oleh karena itu secara langsung setelah Anda mandi atau mencuci tangan Anda, pastikan jika tangan terutama kuku Anda sudah kering sebelum digunakan untuk mengupas atau memegang sesuatu. Hal ini karena kuku lebih rentan pecah, robek, atau patah saat basah.
source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/tips-merawat-kuku-agar-kuat-dan-sehat.html
Anda bisa meredam kuku tangan sebanyak seminggu sekali untuk lebih melenturkan kuku agar tidak mudah patah. Kelembaban alami kuku tangan juga akan lebih terjaga dengan cara ini. Selain itu, kuku tangan dapat tampil mengkilat cantik alami dengan bantuan minyak zaitun.
source: http://aylacream.com/cara-merawat-kuku-tangan-agar-indah.html
Mudah bukan? Selain perawatan sendiri di rumah, sesekali perlu menyerahkan urusan kuku kepada yang lebih ahli agar perawatan lebih maksimal. Semoga bermanfaat ya, Minasan!