5 Cara Agar Bibirmu Tidak Kering Saat Menggunakan Lipstik Matte

Tidak hanya karena faktor cuaca saja yang dapat membuat kondisi bibir kita menjadi lebih kering, penggunaan kosmetik terutama lipstik juga dapat membuat permukaannya cepat dehidrasi. Bibir akan bereaksi dengan cara mengelupas pada saat tertutupi oleh zat kimia seperti yang terkandung di dalam lipstik. Pengelupasan tersebut tidak akan berbahaya karena hal tersebut merupakan proses alamiah sebagai bentuk dari regenerasi sel kulit mati. Mengapa bibir kita menjadi lebih cepat kering pada saat menggunakan lipstik matte? Kondisi bibir yang cepat kering dan mengelupas terjadi karena lipstik matte mengandung sedikit sekali pelembab. Mengaplikaksikan lipstik matte pada saat kondisi bibir kering justru akan membuat tampilan bibir kita menjadi tidak merata dan pecah-pecah.
source: http://www.drakemedia.net/wp-content/uploads/
Kondisi bibir kering setelah menggunakan lipstik matte
source: http://www.drakemedia.net/wp-content/uploads/
Salah satu cara agar bibir kita tetap terjaga kesehatannya saat mengaplikasikan lipstik matte adalah dengan selalu mengoleskan pelembab. Tidak semua pelembab baik digunakan dan dipadukan dengan lipstik matte karena beberapa diantaranya justru akan menjadikan lipstik matte yang kita aplikasikan berubah menjadi lebih glossy dan berminyak. Bagaimana caranya agar lipstik matte tetap bertahan lama tanpa menimbulkan kering dan pecah-pecah pada bibir? Berikut adalah beberapa cara yang wajib dicoba bagi para pecinta lipstik matte.
1. Andalkan Lip Balm
source: https://kskybeauty.files.wordpress.com/
Salah satu jenis lip balm yang tidak memberikan efek glossy
source: https://kskybeauty.files.wordpress.com/
Sebelum Mengaplikasikan lipstik matte atau jenis lipstik lainnya yang dapat menyebabkan bibir kering, sebaiknya oleskanlah lip balm. Pastikan tidak ada kulit mati yang membuat bibir menjadi kasar sebelum mengoleskannya. Lip balm yang baik adalah yang dapat terserap dengan cepat di permukaan bibir tanpa menimbulkan efek glossy. Kandungan vitamin di dalam lip balm akan membantu lipstik matte menempel lebih lama tanpa menjadikan bibir kering.
2. Sediakan Waktu untuk Mengistirahatkan Bibir
source: http://www.shaferplasticsurgery.com/files/
Kondisi bibir yang cukup istirahat
source: http://www.shaferplasticsurgery.com/files/
Setelah mengaplikasikan lipstik seharian, bibir memerlukan waktu untuk beristirahat agar dapat kembali sehat. Kita dapat melakukan langkah sederhana di rumah. Pertama, lakukan pengelupasan menggunakan sikat gigi atau handuk yang lembut hingga sel-sel kulit mati terangkat dan bibir menjadi lebih halus. Kedua, oleskan olive oil, jojoba oil, atau madu untuk melancarkan peredaran darah pada bibir. Lakukan pada malam hari agar kelembaban alami bibir tetap terjaga. Minumlah cukup air dan hindari membasahi bibir dangan lidah terlalu sering karena justru akan membuat bibir cepat kering.
3. Gunakan Madu untuk Menghapus Lipstik
source: http://pad3.whstatic.com/images/thumb/
Mengolesi bibir dengan madu untuk menghapus lipstik
source: http://pad3.whstatic.com/images/thumb/
Pada saat ke kantor, lipstik matte yang tidak waterproof akan cepat terhapus setelah kita makan siang. Tidak disarankan untuk mengoleskannya kembali sebelum sisa lipstik terhapus sempurna. Menghapus lipstik matte menggunakan air lebih sulit dan terkadang terasa menyakitkan. Andalkan madu untuk menghapusnya dengan cara mengoleskannya pada bibir lalu usap secara lembut menggunakan tisu. Madu secara efektif mampu mengangkat sisa lipstik matte dengan sempurna tanpa melukai bibir. Sebagai nilai plus, madu juga dapat melembabkan bibir seketika.
4. Kompres Bibir Dengan Teh Hijau.
source: http://cdn2.hubspot.net/hub/
Kantong teh hijau dapat digunakan untuk mengompres bibir
source: http://cdn2.hubspot.net/hub/
Jika kondisi bibir terlanjur mengalami pecah-pecah, obatilah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Manfaatkan kantung teh hijau bekas yang telah diminum airnya untuk mengompres bibir yang pecah-pecah. Kandungan teh hijau secara efektif akan mengembalikan kelembaban alami bibir. Untuk perawatan rutin, lakukanlah setiap malam agar bibir lebih sehat dan lipstik matte dapat menempel sempurna.
5. Gunakan Lip Balm Sebelum Mandi
Penggunaan lip balm sebelum mandi adalah salah satu alternatif terbaik untuk mengunci kelembaban alami bibir. Selain itu, kandungan lip balm nantinya tidak akan bercampur dengan lipstik matte sehingga tampilan lipstik matte akan lebih sempurna. Bibir menjadi lebih cepat kering jika terkena air, oleh karenanya lip balm akan membantu bibirmu tetap halus dan lembab pada saat mandi.
Lipstik matte telah menjadi tren di tahun 2016 ini. Jangan sampai bibirmu menjadi kering dan pecah-pecah karena tidak memperhatikan perawatannya, ya!
source: http://cdn2.scdlifestyle.com/wp-content/uploads/
Bibir dapat menjadi kering pada saat mandi
source: http://cdn2.scdlifestyle.com/wp-content/uploads/