5 Cara yang Dapat Membuat Kita Terlihat Cantik Tanpa Makeup

Tanpa menggunakan makeup, wajah kita terkadang tampak lebih kusam dan loyo. Ketika kita melakukan perawatan di klinik kecantikan karena kulit sedang dalam keadaan sensitif, seringkali para dokter menyarankan untuk tidak menggunakan makeup dalam jangka waktu tertentu agar pengobatan dapat berjalan maksimal. Biasanya, minimal kita hanya diperbolehkan menggunakan bedak anti acne dan krim pagi yang terkadang membuat kulit menjadi tampak lebih kering dan berminyak. Bagi yang sudah terbiasa mengaplikasikan makeup untuk menyamarkan kekurangan pada wajah, hal tersebut menjadi permasalahan tersendiri karena ke luar kantor tanpa makeup akan membuat kita tidak percaya diri.
Bagaimana dengan yang sudah terbiasa tanpa makeup? Penampilan natural juga dapat kita aplikasikan saat akan pergi ke kantor, lho! Beberapa artis Indonesia yang lebih sering tampil natural tanpa menggunakan makeup adalah Prisia Nasution dan Ratna Galih. Nah, agar wajah tidak tampak seperti bangun tidur, kusam, atau loyo saat tampil natural, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendongkrak penampilan walau tanpa make up:
1. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur.
source: https://jessicabutlermakeup.files.wordpress.com/
Perbedaan wajah sesudah dan sebelum exfoliating
source: https://jessicabutlermakeup.files.wordpress.com/
Eksfoliasi adalah salah satu bentuk cara untuk mengusir kulit kusam. Penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran yang terjebak di dalam pori-pori menjadi salah satu penyebab mengapa kulit kita menjadi tampak kasar dan tidak bercahaya. Exfoliasi yang baik dapat dilakukan selama 3 kali dalam seminggu. Dengan mengelupas sel-sel kulit mati, tubuh kita secara otomatis akan bekerja untuk memproduksi sel-sel kulit yang baru. Itulah sebabnya mengapa kulit kita menjadi lebih segar dan bercahaya setelah melakukan ritual ini. Wajah tanpa make up harus terlihat sehat dan jauh dari kusam. Lakukan pemijatan ringan dan hindari menggosok kulit wajah terlalu keras. Pemijatan yang dilakukan pada wajah akan melancarkan peredaran darah sehingga wajah kita akan tampak merona alami tanpa blush on.
2. Bangun Lebih Pagi
source: http://joycecherrier.com/wp-content/uploads/
Tidak hanya wajah, pikiran pun menjadi lebih fresh saat bangun pagi
source: http://joycecherrier.com/wp-content/uploads/
Biasakan diri untuk rutin bangun pada pagi hari. Alangkah baiknya jika kita menyukai kegiatan olah raga. Menghirup udara pagi diikuti dengan jalan-jalan ringan dapat melancarkan aliran peredaran kita, menyehatkan jantung dan paru-paru. Hasil penelitian membuktikan bahwa seseorang yang terbiasa bangun lebih pagi tampak jauh lebih muda dibandingkan dengan yang mengalami kesulitan tidur di malam hari dan bangun pada siang hari. Tubuh akan menjadi lebih pucat karena aliran darah yang kurang lancar. Untuk penampilan yang lebih fresh, jangan lupa gunakan pelembab wajah favoritmu, ya.
3. Sempurnakan Bentuk Alis.
source: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com/uploads/
Menyempurnakan bentuk alis
source: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com/uploads/
Mata adalah segalanya. Walaupun tanpa menggunakan makeup, perbaikilah bentuk alis agar penampilan kita sedikit lebih stunning dan tetap menawan saat akan pergi ke kantor atau melakukan aktifitas lain di luar rumah. Menyempurnakan bentuk alis dapat kita lakukan dengan pensil alis. Pilihlah pensil alis yang sesuai dengan warna kulit. Pensil alis berwarna hitam dapat menjadi pilihan jika ingin mendapatkan penampilan natural yang lebih mempesona. Bingkailah wajah dengan pensil alis berwarna coklat jika ingin menyamakan dengan warna alami bulu alis kita.
4. Tersenyumlah dengan Percaya Diri
source: http://www.uslivingwell.com/wp-content/uploads/
Tersenyum adalah kunci dari kecantikan
source: http://www.uslivingwell.com/wp-content/uploads/
Senyum yang cerah adalah senyum putih yang mampu membuat wajah terlihat lebih muda dan bersemangat. Rawatlah gigi dan bibir agar penampilan kita tetap menawan walaupun tanpa makeup. Ingin mendapatkan warna gigi yang lebih putih alami? Cobalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan merusak email gigi.
5. Tingkatkan Kelembaban Kulit
source: http://2.bp.blogspot.com/
Salah satu pelembab yang cepat menghidrasi kulit
source: http://2.bp.blogspot.com/
Walaupun tanpa makeup, kulit harus tetap terlihat sehat dan glowy. Bagaimana caranya? Selain mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, dan air putih, kita dapat mencoba menggunakan produk pelembab yang cocok untuk kulit. Karena kondisi kulit setiap wanita berbeda, alangkah baiknya jika kita memperhatikan kebutuhan kulit dan mengamati kandungan pelembab sebelum membelinya. Dengan memperhatikan kandungan produk, kulit kita tidak akan menjadi terlalu berminyak dan kusam. Pelembab yang baik adalah yang langsung terserap kulit, tidak menimbulkan rasa lengket dan tidak nyaman saat kulit berkeringat. Salah satu referensi yang patut dicoba adalah produk pelembab Shiseido White Lucent All Day Brightener. Pelembab ini sangat disarankan karena selain dapat mencerahkan kulit, ia dapat menyamarkan bintik hitam, membuat kulit lebih glowy dan mengandung SPF yang cukup untuk melindungi kulit pada saat di luar ruangan.
Tampilkan cantikmu walau tanpa makeup dengan trik di atas. Selamat mencoba!
That you do, the way you think, makes you beautiful - Scott Westerfeld.