5 Manfaat Penting Kantong Teh Bekas Sebelum Menjadi Sampah

Selain dapat memberikan efek relaksasi, mengonsumsi teh baik di pagi atau malam hari memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Itulah mengapa telah banyak kita jumpai berbagai macam teh herbal yang dikemas dalam bentuk kantong agar lebih praktis dan mudah diseduh. Jika pada jaman dahulu mengonsumsi teh harus di rebus dan di saring, saat ini hanya dibutuhkan waktu 3 menit untuk menyajikannya. Teh herbal yang dikemas ke dalam kantong memang hanya untuk sekali pakai dan rasanya akan berubah jika diseduh berkali-kali. Seringkali kita membuangnya begitu saja karena merasa bahwa kantong teh bekas tersebut sudah tidak berguna. Tanpa kita sadari, kantong teh bekas tersebut ternyata masih menyimpan banyak sekali keajaiban jika kita mau memanfaatkannya.
Apakah Manfaat Kantong Teh Bekas?
Setelah mengetahui manfaatnya, kita tidak akan pernah lagi menyia-nyiakan kantong teh yang setiap hari telah kita konsumsi. Berikut adalah beberapa keajaiban dari kantong teh bekas yang dapat kita rasakan manfaatnya.
Kurang tidur atau terlalu banyak menatap layar komputer? Mata kita akan mengalami pembengkakan di bagian bawah sehingga terbentuklah kantong mata yang mengurangi kesempurnaan wajah kita. Kantong teh bekas yang telah diseduh dan diminum tehnya akan menolong kita menghapus kantong mata. Bagaimana caranya? Ambil kantong teh bekas, lebih disarankan untuk menggunakan bekas teh hijau dan dinginkan sebentar ke dalam lemari es. Kompreskan pada kedua mata dan berbaringlah selama beberapa menit. Teh hijau mengandung tanin yang akan bekerja mengurangi pembengkakan terlebih jika dalam keadaan dingin. Tanin akan melancarkan peredaran darah di sekitar mata dan membuatnya lebih kuat. Selain itu, bagian kulit yang dikompres dengan teh hijau akan menjadi lebih kencang dan meningkatkan kecerahan kulit. Selain itu, kantong teh hijau bekas juga dapat mengurangi sakit kepala.
source: http://mediamalang.com/wp-content/uploads/
Kantung mata akibat kelelahan
source: http://mediamalang.com/wp-content/uploads/
2. Gejala Penyakit Herpes dapat Ditangani Dengan Kantong Teh Bekas.
Setelah mendapatkan manfaat dengan cara meminumnya, kita akan mendapatkan manfaat dari kantong teh bekas untuk menyembuhkan gejala penyakit herpes. Caranya, oleskan kantong teh basah pada permukaan kulit yang sakit dan gatal akibat serangan virus herpes. Pastikan kantong teh tersebut dalam keadaan bersih dan bebas dari gula. Asam tanat dalam teh mampu mengurangi bahkan menyembuhkan rasa gatal dari gejala penyakit herpes.
source: https://www.deherba.com/
Rasa gatal sebagai gejala awal herpes
source: https://www.deherba.com/
3. Menghentikan Pendarahan Sementara Pada Gigi
Karena kecelakaan kecil, gigi kita tiba-tiba terbentur benda keras hingga mengalami pergeseran dan pendarahan. Pertolongan pertama jika belum sempat pergi ke dokter adalah dengan mengambil kantong teh bekas dan gigitlah sementara waktu. Kantong teh bekas masih menyimpan senyawa yang mampu meredakan dan menenangkan jaringan yang bengkak di area gigi dan gusi. Untuk mengatasi gusi berdarah, lakukan langkah serupa hingga pendarahan dan rasa sakit berkurang. Ajaib bukan?
source: http://manfaatnyasehat.com/
Gusi berdarah dapat dihentikan sementara dengan menggigit kantong teh bekas
source: http://manfaatnyasehat.com/
4. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Terbakar Matahari
Sengatan matahari yang berlebihan dapat membuat kulit kita menjadi gosong dan terkelupas. Terkadang rasa tidak nyaman timbul seperti panas dan perih pada kulit. Untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut, kita dapat memanfaatkan kantong teh bekas terutama teh hijau. Teh hijau terbukti mampu mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan karena paparan radiasi sinar UVB yang berbahaya. Banyak metode pengobatan dan produk kosmetik yang telah memanfaatkan antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau untuk mengatasi permasalahan kulit. Oleskan kantong bekas teh hijau di permukaan kulit yang terbakar sinar matahari selama 30 menit. Kantong teh hijau bekas milikmu juga dapat digunakan sebagai pengganti sunblock, lho! Oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit sebelum melakukan aktifitas di tempat yang panas seperti pantai atau kolam renang.
source: https://ispyphysiology.files.wordpress.com/
Kulit terbakar akibat matahari
source: https://ispyphysiology.files.wordpress.com/
5. Mengobati Ruam & Bintik Kemerahan Akibat Serangan Nyamuk
Gigitan nyamuk terkadang meninggalkan bekas kemerahan dan akan berubah menjadi kehitaman pada permukaan kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, jangan terburu mengoleskan lotion yang mengandung bahan kimia karena bisa jadi akan menimbulkan alergi. Manfaatkanlah keajaiban kantong teh bekas untuk mengobati ruam tersebut dengan mengoleskannya pada permukaan kulit untuk menyingkirkan gatal dan memudarkan bekas gigitan.
source: https://pasasir.files.wordpress.com/
Gigitan nyamuk yang meninggalkan bekas
source: https://pasasir.files.wordpress.com/
Kantong teh bekas ternyata masih menyimpan segudang manfaat penting, ya? Tips terakhir, kantong teh bekas hanya dapat digunakan hanya jika kita tidak menambahkan gula saat mengonsumsi teh. Kantong teh bekas yang telah bercampur dengan gula menjadi kurang efektif jika dimanfaatkan kembali.
Everything has beauty, but not everyone sees it - Confucius.