1. Posisi Tidur

Banyak orang gelisah saat tidak bisa tidur. Cobalah atur posisi tidur yang nyaman. Hindari tidur tengkurap yang bisa memberikan tekanan ekstra pada otot perut, punggung dan kepala sehingga membuat badan pegal. Tidur miring bisa mengurangi kebiasaan mendengkur dan bisa meluruskan tulang punggung. Namun yang paling tepat adalah telentang karena bisa mengurangi rasa sakit pada leher. Selain itu mengurangi resiko naiknya asam lambung dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Tidur telentang juga bisa mengurangi kerutan pada wajah.
source: http://palembang.tribunnews.com/2015/03/23/tidur-terlentang-bikin-kulit-wajah-tetap-kencang

2. Olahraga Teratur

Olahraga dapat membantu tidur lebih nyenyak. Namun sebaiknya olahraga tidak dilakukan terlalu larut. Lakukan olahraga saat sore hari untuk mengeluarkan energi agar lebih cepat mengantuk malam harinya. Olahraga bisa meningkatkan suhu tubuh sampai 6 jam ke depan.
source: http://health.liputan6.com/read/2413146/4-cara-singkirkan-racun-tubuh-dengan-detoks-alami

3. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap waktu tidur yang berkualitas. Gaya hidup sehat juga bisa membantumu mendapatkan berat badan yang ideal dan tidur yang lebih nyaman. Coba konsumi makanan tinggi serat seperti beras merah, kacang-kacangan, sayuran dan buah serta mengurangi konsumsi lemak.

4. Baca Buku

Membaca merupakan stimulasi yang baik agar tubuh terelaksasi sehingga pikiran jadi lebih ringan. Sebaiknya membaca dalam bentuk buku bukan bentuk tablet atau smartphone. Karena gelombang biru yang terpancar dari gadget akan membuat kita sulit tidur. Pilih bacaan yang ringan dan ketika mata sudah mulai mengantuk jangan teruskan membaca termasuk saat sampai di bagian yang menarik. Membaca cukup efektif membuat kita mengantuk dalam waktu 5-10 menit.
source: http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/4/2016/9978/manfaat-membaca-buku-sebelum-tidur

5. Mendengarkan Musik

Suara musik yang tenang membuat kita tidur lebih nyaman dan dalam. Sebaiknya pilih musik yang memiliki irama lebih lambat untuk menstimulasi pikiran yang lebih tenang. Tempo musik yang rendah dan lambat dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Suara rintikan hujan ternyata membuat kita mudah terlelap.
source: http://mcramdhan.blogspot.co.id/

6. Pilih Makan Malam yang Mudah Dicerna

Bila porsi makan di malam hari sudah besar dan berat tentu akan membebani pencernaan. Sehingga saat malam hari kita akan susah tidur. Sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna agar kualitas istirahat juga terjaga dengan baik. Bila kamu merasa lapar saat akan tidur coba kansumsi buah-buahan yang membuat kenyang lebih lama.