5 Makanan Penyebab Gigi Rapuh

Gigi yang tanggal dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor ketidaksengajaan seperti kecelakaan dapat membuat seseorang terpaksa menggunkana gigi palsu untuk menggantikan gigi dewasa yang tanggal. Faktor kesehatan seperti kondisi gusi yang rapuh juga dapat menjadi penyumbang terbesar penyebab gigi tanggal terutama bagi orang dewasa yang menginjak usia tua. Mengonsumsi makanan yang kurang baik bagi kesehatan gigi sangat perlu dihindari agar gigi tetap awet dan terawat sepanjang usia.
source: https://nelleytimes.files.wordpress.com/
Menggunakan gigi palsu yang tidak nyaman
source: https://nelleytimes.files.wordpress.com/
Untuk menghindari pemasangan gigi palsu di usia 40an sebagai akibat dari gigi tanggal karena faktor kesehatan, ada baiknya kita mulai memilah makanan dan mengurangi jumlah makanan tersebut dari dalam tubuh kita. Jenis makanan seperti permen, jeruk, dan minuman yang bersoda memang sangat enak dan menyenangkan lidah kita. Mengurangi jumlah makanan tersebut bukan berarti kita bersumpah untuk tidak akan pernah lagi mengonsumsinya. Trik paling mudah adalah yaitu dengan membatasinya agar kerusakan gigi yang timbul akibat makanan tersebut dapat berkurang.
Jeruk Merusak Gigi?
Alasan ilmiahnya yaitu karena jeruk mengandung asam dan vitamin C yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus dapat menjadi penyebab utama kerusakan gigi. Karena tubuh juga tetap memerlukan asupan vitamin C, untuk menyiasatinya, dokter gigi menyarankan kita agar mengonsumsi buah jeruk dengan campuran buah lain. Mengonsumsinya dalam bentuk salad akan mengurangi resiko kerusakan gigi daripada mengonsumsinya begitu saja. Asam merupakan zat yang dapat mengikis enamel gigi. Pada saat mengonsumsi makanan mengandung asam, kita dapat menggunakan sedotan agar makanan dan minuman tersebut tidak menempel pada gigi. Contohnya saja pada saat kita akan mengonsumsi kopi, jus jeruk, ataupun soda. Dengan cara tersebut, gigi akan terhindar dari erosi enamel sehingga lapisan pelindung gigi tidak mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu dibatasi untuk menjaga kesehatan gigi.
1. Jeruk Nipis, Lemon, & Jeruk Bali.
source: http://www.3benefitsof.com/
Lime juice atau sari jeruk nipis kurang baik untuk kesehatan gigi
source: http://www.3benefitsof.com/
Ketiga jenis buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama pencernaan namun tidak dianjurkan untuk kesehatan gigi. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan citrat acid atau asam sitrat yang sangat tinggi di dalam buah lemon dan jeruk nipis. Berbagai jenis makanan yang mengandung sifat asam yang kuat dengan rating pH rendah adalah penyebab nomor satu kerusakan enamel gigi. Asam tersebut secara bertahap akan menyebabkan erosi pada enamel sehingga gigi tidak memiliki cukup kekuatan untuk melindungi diri dari serangan bakteri. Rumus paling mudah untuk mengetahui makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan gigi adalah dengan cara memperhatikan apakah jenis makanan atau minuman tersebut meninggalkan noda pada gigi atau tidak. Makanan dan minuman yang meninggalkan noda pada gigi sudah pasti mengandung asam yang cukup tinggi. Jadi, jika ingin mengonsumsi jeruk, olah terlebih dahulu menjadi jus dan meminumnya dengan sedotan, ya.
2. Acar
source: http://www.kesekolah.com/
Acar segar yang membahayakan gigi
source: http://www.kesekolah.com/
Acar merupakan olahan buah dan sayur segar yang sangat cocok jika dikonsumsi di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Apa yang akan terjadi ketika kita mencampurkan sayuran dengan cuka? Hasilnya adalah mimpi buruk bagi gigi. Acar yang lezat sebagai hasil dari kombinasi cuka dan asam pada sayuran adalah resep utama erosi enamel. Jangan terlalu sering mengonsumsinya, ya!
3. Kopi
source: http://orig12.deviantart.net/
Kopi biang keladi plak pada gigi
source: http://orig12.deviantart.net/
Bagi pecandu kopi mungkin tidak akan setuju jika diminta untuk menghindari kopi. Tidak mengherankan pula seorang pecandu kopi seringkali memiliki warna gigi yang kekuningan karena kopi mengandung cukup banyak zat asam. Secangkir kopi di pagi dan malam hari dapat meningkatkan risiko gigi rapuh. Mereka juga rentan terhadap serangan penyakit mulut lainnya. Asam tannic yang ditemukan di dalam kopi dan beberapa teh akan mengikis enamel dan meninggalkan noda pada gigi.
4. Tomat
source: http://www.baked-in.com/wp-content/uploads/
Cara aman mengonsumsi tomat agar tidak merusak gigi
source: http://www.baked-in.com/wp-content/uploads/
Tomat sangat dibutuhkan tubuh terutama pada musim kemarau untuk mencegah dehidrasi namun sama halnya dengan jeruk, buah ini kurang baik untuk kesehatan gigi. Solusinya, jangan mengonsumsi tomat secara utuh. Baik dalam bentuk buah atau saus, konsumsilah secara bersamaan dengan jenis makanan lain agar efek buruk tomat tidak mempengaruhi gigi.
5. Minuman Soda
source: https://media1.popsugar-assets.com/
Mengonsumsi soda sebaiknya menggunakan sedotan
source: https://media1.popsugar-assets.com/
Tidak ada yang dapat menolak kesegaran minuman bersoda yang dicampur dengan butiran es batu. Walaupun buruk bagi kesehatan, minuman bersoda tetap laris di pasaran. Kombinasi gula, asam, dan karbonasi adalah racun yang sangat mematikan bagi gigi. Banyak sekali penelitian yang telah menghubungkan antara konsumsi soda dengan erosi gigi. Kerusakan gigi yang parah banyak disebabkan karena minuman bersoda.
Membiasakan diri untuk melakukan aktifitas yang menyehatkan pada awalnya memang sulit. Lakukanlah upaya sedikit demi sedikit untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik.
"Love yourself enough to live a healthy lifestyle," Jules Robson.