2 Bahan Penghilang Rasa Sakit

Lubang kecil pada gigi akan berubah menjadi rongga yang berukuran lebih besar sebagai akibat dari proses pembusukan dan menyebar pada area yang lebih luas. Pembusukan tersebut akan mengakibatkan gigi lebih sensitif karena menyerang lapisan syaraf pada gigi. Proses ini dapat berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan akan menimbulkan rasa sakit tak terduga. Lubang pada gigi akan semakin melebar jika tidak segera diatasi dengan baik. Sebagian besar penderita terkadang mengabaikan lubang tersebut dan memutuskan untuk tidak perlu mendatangi dokter gigi karena tidak menimbulkan rasa sakit. Padahal, lubang pada gigi yang dibiarkan terus menerus selain akan merambat ke area yang lebih luas juga dapat merusak struktur gigi, lho!
Penyebab Gigi Berlubang Orang Dewasa
Penderita gigi berlubang biasanya lebih banyak dialami oleh anak-anak karena mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Bagi pria dan wanita dewasa yang mengalami gigi berlubang, penyebabnya dapat bermacam-macam. Sebelum mencoba pengobatan alami yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang, sebaiknya kenalilah terlebih dahulu beberapa faktor penyebab berikut ini.
1. Bakteri. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, sereal, soda, permen, dan kue dapat terjebak diantara sela-sela gigi. Bakteri akan mengubahnya menjadi asam yang menyerang enamel gigi dan menimbulkan pembentukan rongga.
2. Penuaan. Seiring bertambahnya usia, gigi menjadi lebih renggang dan jarak gigi lebih melebar. Hal tersebut menjadikan gigi lebih rentan terhadap pertumbuhan plak.
3. Dehidrasi Mulut. Saliva merupakan unsur terpenting yang berfungsi menghentikan plak yang menempel pada gigi. Pada saat seseorang mengalami kekeringan di rongga mulut, sekresi saliva menjadi sangat kurang sehingga gigi lebih rentan berlubang.
4. Pola Gigi. Susunan gigi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan plak. Seseorang yang memiliki susunan gigi renggang atau bentuk gigi yang tumpang tindih beresiko lebih besar terserang gigi berlubang.
5. Kekurangan Enamel. Enamel adalah salah satu bentuk lapisan pelindung gigi yang dapat membentengi gigi dari serangan bakteri pada gigi. Mengonsumsi makanan yang kurang sehat dapat menghambat dan mengikis enamel pada gigi.
Setelah mengetahui penyebab gigi berlubang, berikut adalah bahan ajaib yang mampu menangkal sakit gigi yang menyerang secara mendadak.
Ramuan Ajaib 1
Minyak Cengkeh dan Minyak Wijen.
Bubuk cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit yang timbul akibat gigi berlubang. Cengkeh mengandung anti inflamasi dan antibakteri yang secara efektif menghentikan aktifitas bakteri penyebab rasa sakit. Selain iyu, cenghke juga dapat mencegah perluasan area gigi berlubang. Berdasarkan hasil studi ilmiah, minyak wijen dapat membunuh kuman yang biasa ditemukan pada air liur dan plak penyebab rasa sakit pada gigi berlubang. Minyak wijen akan mensterilkan rongga gigi sehingga rasa sakit menjadi lebih cepat hilang. Cara membuat ramuan ini yaitu dengan mencampurkan tiga tetes minyak cengkeh ditambah dengan 1/2 sdt minyak wijen. Basahi kapas secukupnya dengan campuran bahan tersebut kemudian tutupilah gigi yang berlubang menggunakan kapas. Biarkan hingga rasa sakit berkurang. Untuk penyembuhan, lakukan setiap malam hari sebelum tidur dan rasa sakit pada gigi berlubang akan hilang selamanya.
source: http://im2.olx.biz.id/images_olxid/
Khasiat Cengkeh untuk Mengobati Gigi
source: http://im2.olx.biz.id/images_olxid/
Ramuan Ajaib 2
Garam dan Air Hangat.
Jangan meremehkan kemampuan garam dapur. Walaupun terlihat cukup sederhana dibandingkan dengan resep obat yang diberikan dokter, garam dan air hangat mampu menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang dengan cepat. Garam bersifat antiseptik dan antibakteri yang dibutuhkan gigi berlubang untuk meminimalisir rasa sakit. Selain itu, garam secara efektif mampu menghentikan poliferasi bakteri pada mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Caranya sangat mudah, berkumurlah dengan air garam hangat selama satu menit. Untuk mencegah gigi berlubang, alangkah baiknya jika kita berkumur dengan air garam secara rutin sebelum tidur sebagai pengganti larutan penyegar mulut.
source: http://www.apotekmaxs.com/wp-content/uploads/
Larutan Garam Efektif Hilangkan Nyeri
source: http://www.apotekmaxs.com/wp-content/uploads/
Dua ramuan tersebut merupakan langkah pertama dan paling cepat untuk mengatasi rasa sakit yang mendadak akibat gigi berlubang. Jika rasa sakit tersebut masih sering muncul, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif, ya!
"Life is short, smile while you still have teeth - Anonymous"