Exfoliating/ Purifying Masks

Exfoliating/purifying mask adalah masker yang berfungsi untuk membersihkan wajah. Masker jenis ini umumnya hadir dalam bentuk masker lumpur. Secara alami, lumpur bisa digunakan sebagai bahan yang membantu kulit melakukan detoks dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Maka dari itu, beberapa hari setelah menggunakan masker lumpur, wajah kita biasanya akan break out. Hal ini sangat wajar karena itu merupakan tanda jika pori-pori kita sedang dibersihkan oleh masker lumpur.
source: http://www.ebay.com/gds/How-Do-Clay-Masks-Work-/10000000178626969/g.html
Exfoliating/purifying mask juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Jika sel kulit mati terangkat, maka wajah kita akan menjadi "murni" kembali. Kandungan dalam exfoliating/ purifying mask biasanya terdiri dari satu atau campuran dari bahan-bahan tertentu, yakni asam glikolat (glycolic acids), enzim, dan asam salisilat (salicylic acid).

Brightening Masks

Sesuai dengan namanya, brightening masks merupakan jenis masker yang fokus pada fungsi mencerahkan warna kulit. Ada banyak hal yang bisa membuat kulit wajah kita berubah warna, mulai dari jerawat yang seringkali meninggalkan bekas, paparan sinar matahari yang menggelapkan warna kulit, hiperpigmentasi pada wajah, hingga faktor usia. Brightening masks biasanya memiliki kandungan utama vitamin C atau bengkuang, namun tidak menutup kemungkinan juga jika brightening masks memiliki kandungan lain seperti bunga melati atau bahkan ragi.
source: https://goodfood7.com/2014/11/20/make-your-best-facial-masks-at-home/

Anti-Aging/Hydration Masks

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, bahkan kandungan air dalam tubuh manusia bisa mencapai 75 persen dari kandungan tubuh seluruhnya. Sayangnya, kemampuan kulit dalam menyerap air akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Pada saat itulah kulit kita membutuhkan booster yang berperan untuk memberikan hidrasi pada kulit. Semua kemampuan itu dimiliki oleh anti-aging/hydration masks. Ketika kulit mendapatkan hidrasi yang cukup, maka tanda-tanda penuaan pun akan dapat diminimalisir. Anti aging/hydration masks biasanya mengandung antioksidan, hyaluronic acids, dan vitamin E yang sangat berguna untuk membuat kulit tampil lebih awet muda.
source: https://makeup.saloni.pk/2015/09/07/cool-homemade-anti-wrinkle-facial-mask/