Jangan Makan Sebelum Tidur

Makan terlalu kenyang sesaat sebelum jam tidur akan membuat kita terjaga dan justru kesulitan untuk tertidur. Tubuh kita akan "dipaksa" untuk bangun karena pencernaan sedang bekerja keras mengolah makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, hindarilah untuk mengonsumsi makanan sesaat sebelum kita tertidur. Waktu ideal untuk makan malam adalah minimal 4 jam sebelum jam tidur kita. Namun apabila kita hendak makan dalam porsi yang sangat banyak, sebaiknya beri jeda waktu 5 jam sebelum akhirnya kita tidur.
source: http://livinggreenmag.com/2014/06/19/food-health/struggling-with-sugar-addiction-ways-to-help-overcome-the-cravings/

Hindari Konsumsi Makanan Stimulus Tubuh

Sebelum tidur, ada baiknya juga kita menghindari makanan-makanan yang bersifat stimulus bagi tubuh. Makanan-makanan yang memiliki sifat stimulus bagi tubuh di antaranya adalah gula, kafein, alkohol, dan juga berbagai jenis obat-obatan. Dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut, tubuh kita biasanya akan bereaksi menjadi lebih aktif.
source: http://www.playbuzz.com/joeyku10/what-is-the-color-colour-of-your-life
Untuk membuat tubuh lebih rileks, coba ganti berbagai makanan tersebut dengan segelas susu hangat. Susu memiliki kandungan triptofan yang mampu membantu tubuh melepaskan hormon melatonin, yakni hormon yang bertanggung jawab pada kemampuan tidur kita.

Hindari Menonton TV atau Bermain Komputer Sebelum Tidur

Menonton TV atau bermain komputer sebelum tidur akan membuat kita menjadi sulit tertidur. Selain bisa menimbulkan efek kecanduan yang akhirnya membuat kita mengundur waktu istirahat, intensitas suara dan cahaya pada layar juga dapat menstimulasi otak kita agar terus bekerja. Biasakan untuk mematikan komputer dan televisi satu jam sebelum jam tidur. Sebagai gantinya, kamu bisa membiasakan diri untuk membaca buku sebelum tidur.
source: http://www.gettyimages.com/detail/video/woman-falling-asleep-watching-television-in-bed-at-night-stock-footage/98606447

Kurangi Aktivitas Fisik

Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik sebelum tidur dapat membuat tubuh kita menjadi lebih aktif dan kesulitan untuk tidur. Kegiatan fisik seperti olahraga, menari, menyanyi, bahkan berteriak merangsang tubuh untuk membakar energi supaya dapat memenuhi kebutuhan dalam melakukan aktivitas tersebut. Nah, jika energi terbentuk, maka tubuh kita secara otomatis akan terbangun dan sulit untuk beristirahat.
source: http://health.usnews.com/health-news/health-wellness/articles/2015/01/05/when-night-clubs-meet-fitness-studios
Untuk menenangkan diri, ada baiknya kamu melakukan meditasi sebelum tidur. Selain membantu tubuh menjadi lebih rileks, meditasi juga dapat membantu kita menenangkan pikiran setelah seharian beraktivitas.

Menghangatkan Kaki

Tubuh akan menjadi lebih mudah tertidur ketika merasa nyaman. Dengan penggunaan kaus kaki, maka tubuh akan merasa hangat dan nyaman. Maka dari itu, penggunaan kaus kaki akan mempermudah kita untuk tertidur di malam hari.
source: http://juicing-for-health.com/sleep-sock-tricks-to-fall-asleep-faster-easier.html