Kesehatan kuku seringkali diabaikan. Padahal jika jamur menyerang permukaan kuku, pertumbuhan kuku pada jari-jari tangan dan kaki menjadi tidak sempurna. Jenis jamur ini biasa menyerang kaki para atlet sehingga menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi tidak normal seperti rapuh, berwarna kekuningan, pecah, bergelombang, hingga menimbulkan bau yang tidak menyenangkan. Jika tidak dicegah secara serius, penyakit ini menjadi fatal terlebih bagi penderita diabetes.
Kuku, terutama kuku tangan tidak hanya menjadi pusat perhatian tetapi juga berfungsi untuk mencengkeram suatu benda. Keindahan kuku tangan akan tampak jika kita sedang melakukan aktifitas seperti memegang peralatan makan, mengetik, hingga menunjuk arah atau suatu benda. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menjaga kesehatan kuku agar terhindar dari jamur penyebab kerusakan kuku
1. Manfaatkan Cuka Agar Cat Kuku Tahan Lama
source: http://www.pamper.my/news/wp-content/uploads/
Mengolesi kuku dengan cuka.
source: http://www.pamper.my/news/wp-content/uploads/
Salah satu bentuk perawatan kuku agar penampilannya lebih sempurna yaitu dengan cara mengecat kuku. Hal yang paling menjengkelkan saat melakukan aktifitas ini adalah ketika cat kuku tidak awet dan mudah hilang terlebih pada saat kita banyak mencuci tangan. Untuk menyiasatinya, kita dapat memanfaatkan cuka agar cat kuku menjadi lebih awet dan tidak mudah terkelupas. Caranya, tuangkan cuka pada kapas secukupnya, oleskan pada permukaan kuku sebelum mengecatnya degan cat kuku. Diamkan hingga mengering. Karena cuka mengandung antijamur dan antibakteri, mengoleskannya pada kuku akan menjadikan kuku kita lebih sehat dan terhindar dari serangan jamur.
2. Manfaatkan Garam Untuk Mengatasi Kuku yang Rapu
source: http://www.searchhomeremedy.com/wp-content/uploads/
Merendam kuku dengan air garam.
source: http://www.searchhomeremedy.com/wp-content/uploads/
Kuku yang rapuh menjadi mudah patah dan rentan terhadap serangan jamur. Bagi yang menyukai bentuk kuku panjang, sebaiknya manfaatkanlah garam dapur untuk memperkuat jaringan kuku agar kuku tidak mudah patah saat dipanjangkan. Caranya, cukup tuangkan 4 sendok makan garam dapur dan tambahkan satu liter air. Rendam jari-jari tangan dan kaki selama 15 menit. Setelah merendam dengan larutan garam, keringkan dengan handuk dan oleskan lotion untuk menghaluskan kutikula. Lakukan selama 3 kali dalam seminggu dan amati hasilnya.
3. Manfaatkan Chamomil untuk Mengatasi Kuku yang Berwarna Kunin
source: http://cdn2.stylecraze.com/wp-content/uploads/
Seduhan chamomile yang sangat baik untuk merendam kuku.
source: http://cdn2.stylecraze.com/wp-content/uploads/
Salah satu tanda-tanda kerusakan pada kuku adalah kondisi kuku yang berubah warna menjadi kekuningan. Beberapa dokter mengemukakan bahwa perubahan warna kuku juga dapat mengindikasikan penyakit yang diderita pasiennya. Sebagai pengobatan awal, manfaatkan chamomile kering dan seduh untuk merendam jari-jari tangan atau kaku selama 20 menit. Tumbuhan ini mudah didapat di toko-toko yang menjual perlengkapan mandi atau aroma terapi dan harganya pun cukup terjangkau. Lakukan selama tiga kali dalam seminggu. Untuk hasil yang lebih baik, gosokkanlah potongan lemon pada permukaan kuku setelah direndam dengan seduhan chamomile.
4. Jojoba Oil Untuk Menghaluskan Kulit Tanga
source: http://moisturizercentral.com/wp-content/uploads/
Menghaluskan tangan dengan jojoba oil.
source: http://moisturizercentral.com/wp-content/uploads/
Jari-jari tangan yang sehat tercermin dari permukaan kulit yang halus dan tidak bersisik. Selain dapat mencegah serangan jamur, jojoba oil telah banyak dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit tangan. Lakukan pemijatan ringan menggunakan lotion yang mengandung jojoba oil agar tangan terasa lebih halus dan rileks. Dengan melakukannya secara rutin, permukaan kulit tangan akan terlihat bercahaya dan awet muda.
5. Manfaatkan Gelatin untuk Memanjangkan Kuku
source: http://s.hswstatic.com/gif/
Mencampurkan gelatin pada makanan.
source: http://s.hswstatic.com/gif/
Sama halnya dengan rambut, pertumbuhan kuku berbeda pada setiap individu. bagi yang ingin mempercepat pertumbuhan kuku, kita dapat memanfaatkan gelatin yang terbukti mampu merangsang pertumbuhan kuku sehingga kuku dapat tumbuh memanjang dengan cepat. Cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan bubuk gelatin di setiap menu makanan yang akan kita konsumsi. Kita dapat menambahkannya pada nasi atau jus. Kalsium merupakan zat penting yang dapat mendukung pertumbuhan kuku dan rambut. Selain itu, kita dapat memperbanyak mengonsumsi susu dan telur.
Wanita yang cantik belum tentu ia sehat, namun wanita yang sehat sudah pasti cantik. Nah, untuk tampil cantik tidak perlu melakukan perawatan yang ribet, bukan?
"No matter how you feel, get up, dress up, show up, and never give up ," Anonymous.