1. Maskara

Jika maskara yang kamu pakai berubah menjadi lebih kental, atau mulai mengeras ini artinya sudah waktunya mengganti maskara yang kamu pakai dengan yang baru. Hal ini disebabkan kontak yang lama dengan udara dan bisa jadi sudah tercampur dengan bakteri yang ada di udara. Umumnya, masa kadaluarsa maskara adalah 3-4 bulan.

2. Eyeliner

Cara untuk mengetahui apakah eyeliner yang kamu gunakan sudah kadaluarsa pada prinsipnya sama dengan maskara. Yang seringkali dilupakan adalah kita lupa untuk membersihkan ujung kuas eyeliner. Ini adalah salah satu bagian eyeliner yang sering terkontaminasi bakteri dan kotoran di udara.

3. Alas Bedak (Foundation)

Berfungsi sebagai pelekat bedak dan menutupi pori-pori serta noda di wajah, foundation bisa bertahan 6 bulan sampai 1 tahun sejak pertama kali dibuka. Jika kamu menyimpannya dalam kondisi tertutup, foundation bisa bertahan antara 1 sampai 2 tahun. Untuk mengetahui apakah masih bisa dipakai atau tidak, kamu cukup mencobanya di tangan. Rasakan apakah konsistensi dari foundation tersebut masih sama dengan pertama kali kita memakainya.

4. Lipstick

Dalam kondisi yang normal, lipstick bisa bertahan sampai 2 tahun. Tapi, jika dia sudah mulai berbau tajam, warna memudar dan tidak lengket di bibir bisa dipastikan jika lipstick yang kamu gunakan sudah kadaluarsa.

5. Blush On / Eyeshadow

Blush on atau eyeshadow berbentuk bubuk bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan produk lain. Tapi, begitu kamu membuat blush on dan eyeshadow mu terkena air, ia akan dengan sangat cepat menumbuhkan bakteri. Setelah itu, ia hanya akan bisa bertahan sekitar 6 bulan.