Keuntungan

1. Bahan Alami Lebih Hemat

Dibandingkan menggunakan produk kosmetik, bahan alami lebih hemat biaya. Bahan alami yang sering digunakan sebagai masker yaitu alpukat, susu, pepaya dan bengkoang yang bisa didapatkan dengan harga murah. Untuk membuat scrub wajah beberapa bahan yang digunakan seperti minyak zaitun dan gula. Selain hemat cara membuatnya juga cukup mudah.
source: http://skin.co.id/variasi-resep-buah-alpukat-untuk-masker-wajah/

2. Mudah Didapat

Bahan alami juga cukup mudah didapatkan baik di supermarket atau pun pasar tradisional. Produk kosmetik juga mudah didapat namun beberapa kosmetik yang kita butuhkan seringkali tidak tersedia. Apalagi bila produk terbaik yang kita gunakan adalah produk luar maka harus membelinya secara online dan membutuhkan waktu.

3. Resiko Kecil

Membuat masker, scrub atau krim dengan bahan alami resikonya juga terbilang kecil. Kita juga bisa mengontrol bahan apa saja yang digunakan sehingga tidak menimbulkan bahaya seperti penggunaan bahan kimia. Namun tidak semua bahan alami cocok di kulit. Solusinya sesuaikan bahan alami dengan jenis dan kondisi kulit agar tepat sasaran.
source: http://www.deyaza.com/297/cara-merawat-wajah-agar-cantik-dan-awet-muda-dengan-bahan-alami/

Kekurangan

1. Bahan yang Digunakan Tidak Tahan Lama

Bahan alami memang mudah digunakan tapi tidak tahan lama. Berbeda dengan produk kosmetik yang mengandung bahan tertentu sehingga lebih tahan lama. Beberapa kosmetik juga menggunakan bahan alami namun sudah diproses dengan teknik khusus sehingga membuatnya aman digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Menimbulkan Reaksi pada Kulit

Selama ini bahan alami tidak menimbulkan bahaya yang parah seperti penggunaan kimia. Namun bukan berarti bahan alami aman, karena beberapa jenis kulit bisa menimbulkan reaksi bila tidak cocok. Perawatan dengan lemon misalnya untuk kulit sensitif bisa menimbulkan reaksi kulit karena kandungan asamnya yang tinggi. Solusinya kamu bisa mencobanya terlebih dahulu di punggung tangan. Bila tidak ada masalah berarti aman digunakan.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/80772-wajah-lebih-cantik-bebas-jerawat-dengan-masker-lemon-dan-aspirin.html

3. Membutuhkan Waktu Lebih Lama

Perawatan wajah dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran ekstra. Prosesnya tidak bisa instan seperti pemakaian produk kosmetik yang sudah teruji di laboratorium. Selain itu efektivitasnya berbeda dengan penggunaan produk kosmetik yang dirancang khusus untuk merawat kulit.
Tak ada salahnya memanfaatkan bahan alami selama penggunaannya sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Kamu juga bisa memilih produk kosmetik dengan bahan-bahan yang aman digunakan untuk kulit terutama dari bahan organik. Kombinasikan antara keduanya misalnya masker wajah memakai bahan alami dan untuk pemakaian sehari-hari dengan produk krim, pelembab dan scrub.