1. Tinggi Serat

Boleh saja memasukkan makan sesuai selera, jadi makanan bisa habis tanpa sisa. Masukkan juga makan yang tinggi serat terutama sayuran, buah dan kacang-kacangan. Pilih kacang-kacangan yang kolesterolnya rendah. Pilih juga sayuran dan buah yang berserat tinggi untuk melancarkan pencernaan.

2. Variasi Karbohidrat

Karbohudrat yang tersedia di Indonesia saat ini beragam. Kamu bisa mengganti karbohidrat yang biasanya nasi dengan roti gandum atau nasi merah. Kedua makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks berupa serat dan membuat kenyang jadi lebih lama. Kamu juga bisa berkonsentrasi kembali di kantor setelah makan siang.
source: https://www.deherba.com/9-manfaat-beras-merah.html

3. Rendah Garam

Hindari juga konsumsi garam berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan. Efeknya bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Saat makan di kantin pastinya kita tidak tahu berapa kandungan garam yang dimasukkan pada makanan tersebut. Namun dengan membawa bekal sendiri pastinya kita bisa mengontrol garam yang kita konsumsi. Kamu bisa menambahkan rempah-rempah untuk mengurangi konsumsi garam dalam meningkatkan cita rasa makanan.
source: http://health.detik.com/read/2015/05/14/101334/2914839/763/hal-hal-ini-dinilai-ampuh-mencegah-konsumsi-garam-berlebih

4. Buat Makanan yang Lebih Variatif

Tidak ada satu makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu buat menu makan siang yang lebih variatif. Hindari membuat menu yang sering kamu konsumsi di kantin. Bisa juga dengan mengandalkan teknik masak yang berbeda. Bila sudah sering makan makanan yang digoreng, coba buat makanan dengan cara dipanggang atau direbus. Makanan yang dipanggang lebih sehat dan aman karena tidak mengandung banyak minyak seperti digoreng. Untuk sayuran bisa dikonsumsi langsung setelah dibersihkan dengan membuat lalapan. Atau bisa juga dengan cara menyiram sayuran dengan air panas sebelum dikonsumsi. Sayuran yang dimasak terlalu lama justru kandungan nutrisi mudah hilang.
source: http://www.infoskep.com/subject-cara-memblansing-sayuran.html

5. Pilih Daging Putih

Tak hanya daging merah, imbangi juga dengan daging putih seperti ikan yang kaya akan zat gizi. Lebih baik lagi bila memilih ikan laut yang diolah dengan cara dipanggang, dipepes, dikukus, ditim atau direbus bukan hanya digoreng.

6. Buat Lebih Mudah

Bila membuat bekal makan siang dirasa terlalu berat, coba buat makanan yang lebih mudah namun tetap mempertahankan kandungan gizinya. Kamu bisa membuat salad sayuran dengan dressing yang rendah kalori dan minyak zaitun. Sayuran membuat tubuh tetap terhidrasi dan menghindari rasa mual. Bisa juga membuat smoothies atau jus dan simpan di freezer semalaman. Sehingga saat esok hari akan dikonsumsi tetap dingin sampai makan siang.
source: https://www.youtube.com/watch?v=VbFmffNnx30