Membersihkan Wajah Secara Rutin

Langkah pertama untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik adalah pembersihan (cleansing) wajah. Kulit yang bebas dari debu, minyak, dan bakteri pastinya akan lebih sehat dan bebas dari masalah. Saat ini dikenal istilah double cleansing, yakni proses pembersihan wajah dalam dua langkah. Double cleansing merupakan langkah yang sangat penting, apalagi jika kamu punya kebiasaan menggunakan makeup atau sering terpapar polusi.
source: http://www.prodijee.com/retexturise-with-active-enzymes/
Terdapat banyak jenis produk pembersih wajah. Mulai dari yang berbentuk milk cleanser, gel, liquid, hingga facial foam. Penggunaan jenis pembersih ini dapat disesuaikan dengan jenis kulit dan kenyamanan masing-masing. Satu hal yang perlu diingat, hindari alkohol dalam pembersih wajah karena alkohol tidak memiliki manfaat apapun untuk kulit. Malahan alkohol punya efek yang buruk karena bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

Exfoliating Kulit Mati

Exfoliating atau proses "pengelupasan" kulit mati merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya. Kulit manusia beregenerasi setiap 28 hari, tapi regenerasi tersebut seringkali terjadi dengan tidak sempurna. Saat ini ada banyak produk exfoliator yang dapat membantu kulit untuk melepaskan kulit mati sehingga kulit baru bisa muncul di permukaan.
source: http://makeupandbeauty.com/7-exfoliation-mistakes-you-should-avoid/
Exfoliating dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah exfoliating menggunakan scrub atau biasa juga kita sebut dengan istilah peeling. Exfoliating jenis ini hanya dapat dilakukan paling banyak dua kali seminggu karena butiran scrub berpotensi menyakiti kulit jika digunakan secara berlebihan. Exfoliating bisa juga dilakukan dengan cara kimia, yaitu dengan menggunakan acid toner. Penggunaan acid toner sebenarnya bisa dilakukan setiap hari. Akan tetapi jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya gunakan acid toner setiap dua hari sekali.

Hidrasi Kulit Dengan Hydrating Toner

Setelah kulit kita "dikelupas" menggunakan scrub atau acid toner, maka kulit akan mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan toner yang memiliki sifat hidrasi yakni hydrating toner. Toner ini perlu digunakan untuk menggantikan kelembaban alami kulit yang telah hilang sebelumnya. Penggunaan hydrating toner juga membantu kulit untuk bisa lebih siap menerima berbagai jenis perawatan lainnya. Sehingga produk apapun yang digunakan setelah hydrating toner dapat menyerap lebih baik ke dalam kulit.
source: https://www.bellaskin.com.my/articles/hydrating-facial-treatment/

Moisturizing Kulit Wajah

Moistuirizing merupakan proses pemberian pelembab ke dalam kulit. Sebenarnya, kulit kita bisa menghasilkan minyak alami dari dalam kulit. Sayangnya, seringkali minyak alami ini dihasilkan secara berlebihan karena otak membaca kulit kita sedang mengalami dehidrasi. Nah untuk mengatasinya, maka penggunaan moisturizer penting untuk dilakukan. Dengan menggunakan moisturizer, maka kulit telah memiliki tingkat kelembaban yang cukup sehingga minyak alami tidak diproduksi berlebihan.
source: https://www.tumblr.com/search/sensitive%20skin%20moisturizer

Lindungi Kulitmu Dari Polusi & Sinar Matahari

Proteksi kulit dari UV-A dan UV-B adalah langkah terakhir perawatan kulit yang paling penting namun kurang disadari oleh banyak wanita. Efek buruk UV-A dan UV-B dapat merusak kulit dan membuat semua perawatan yang kita lakukan selama ini menjadi sia-sia. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk mengoleskan sun protector dengan SPF dan PA sesuai kebutuhan kamu, ya.
source: http://www.secretsalons.com/magazine/top-tips-for-looking-after-your-hair-in-the-sun/