Beauty comes from the inside. Sering dengar kalimat yang satu ini? Yup, sebenarnya gampang untuk bisa terlihat cantik. Dengan banyak senyum dan ramah kepada orang sekitar, pasti kamu akan terlihat menarik. Tapi, tidak cukup dengan senyum saja. Karena, apa yang kita makan sebenarnya mempengaruhi tubuh kita, termasuk kecantikan, lho! Ini adalah makanan-makanan yang harus kamu konsumsi berikut pantangannya.

The Good

Berbagai makanan di bawah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, termasuk dalam menjaga kecantikan. Yuk, simak!
1. Asam Lemak
Lemak? Tenang, jangan takut dulu. Ini adalah asam lemak baik yang membantu mempertahankan air di dalam tubuh kita, sehingga membuat wajah bersinar dan juga menghindari wajah kusam karena stres. Terkandung di: ikan salmon, ikan cod, flaxseed, dan almond.
2. Gandum
Serat yang terkandung di dalam gandum membantu mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh dan membuat wajah semakin cerah. Terkandung di: nasi merah, nasi hitam, roti gandum, oatmeal.
3. Vitamin B6
Saat kamu stres atau depresi, hormon di tubuhmu akan tidak seimbang dan itu bisa membuat kulitmu jerawatan, lho. Makanan yang mengandung vitamin B6 terbukti bisa membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh dan mengembalikan keadaannya seperti semula. Terkandung di: alpukat, bunga kol, walnut, kuaci.
4. Vitamin C
Nah ini adalah kunci dari kulit yang bersinar! Perbanyak makan buah dan sayur dengan kandungan vitamin C karena sangat bagus untuk kulit baik remaja maupun dewasa. Pilihan seperti stroberi, nanas, kiwi, lemon dan jeruk bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan kandungan antioksidan dari Vitamin C terbukti bisa mengisi kembali antioksidan alami dalam tubuh dan mempertahan kesehatan kulit. Terkandung di: stroberi, kiwi, lemon, jeruk, papaya, paprika, brokoli.

The Bad

Makanan berikut ini adalah makanan yang harus kamu hindari jika ingin mempunyai wajah cerah. Banyaknya lemak yang terkandung di dalamnya membuat kamu harus berpikir dua kali sebelum mengkonsumsinya!
1. Gorengan
Kandungan trans-fat di dalam makanan yang digoreng bisa menyumbat peredaran darah yang menjadi sumber dari obesitas dan masalah jantung. Selain itu, biasanya makan goreng disertai dengan MSG yang membuatnya menjadi silent killer bagi kesehatan kamu. Perlu diingat salah satu penyebab jerawat adalah konsumsi gorengan berlebihan yang membuat tubuh memproduksi ekstra hormon. Jadi kalau tiba-tiba muncul jerawat di wajah, harus mulai diperhatikan lagi ya asupan makanannya. Terkandung di: semua macam makanan yang digoreng, snek kentang, makanan siap saji, margarin.
2. Makanan Olahan/Beku
Di zaman yang serba cepat, sepertinya kita sudah tidak bisa menunggu lama hanya untuk makanan. Maka hadirlah makanan olahan atau biasa yang kita kenal dengan frozen food. Untuk anak-anak kos atau para karyawan sibuk, pasti sudah familiar dengan mie instan, nugget, sosis dan makanan lain yang hanya masuk microwave atau digoreng kurang dari 5 menit. Semua makanan ini mengandung lemak jahat dan karbohidrat yang menyebabkan peradangan dan merusak elastisitas kulit juga penyebab jerawat. Kandungan pengawet juga bisa menjadi penyebab kanker yang baru terasa dalam 10 tahun mendatang. Terkandung di: makanan beku, mie instan, makanan siap saji, makanan kaleng.
3. Gula
Merasa kurang lengkap jika tidak memesan dessert setelah mengkonsumsi makanan lezat nan gurih? Waspada! Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman, karena hampir 90% menggunakan gula atau bahkan pemanis buatan yang dua kali berbahaya untuk tubuh kita! Penelitian membuktikan, seringnya mengkonsumsi gula bisa merusak metabolisme dalam jangka panjang dan tentunya menjadi pencetus dari obesitas dan diabetes tipe 2. Normalnya untuk pria konsumsi gula perhari adalah 150 kalori/hari (37.5 gram atau 9 sendok teh). Untuk wanita adalah 100 kalori/hari (25 gram atau setara dengan 6 sendok teh). Terkandung di: cake, permen, coklat, sirup, soda, dan semua minuman botol/kaleng.
4. Kafein
Meski mengandung manfaat baik, mengonsumsi teh dan kopi setiap hari juga bukan ide bagus. Kafein bersifat menyerap atau menghilangkan air dalam tubuh. Sedangkan kulit sangat tergantung dengan air di dalam tubuh untuk menjaga kelembaban dan elastisitas juga mengeluarkan racun di dalam tubuh. Terkandung di: kopi, teh, soda, energy drinks.
Nah sekarang sudah tahu, kan, mana yang bagus dan buruk buat kulit kita? Jangan lupa untuk mengimbangi makanan sehat dengan istirahat yang cukup dan olahraga rutin minimal 2x seminggu. Selain itu cuci muka setelah dan sebelum bangun tidur untuk mengangkat semua debu dan kotoran sehingga wajah tetap bersih dan segar sepanjang hari. Selamat mencoba, Beautynesian!