1. Konsumsi Karbohidrat Sehat

Zat gizi ini berfungsi sebagai sumber energi dalam tubuh. Pilih karbohidrat yang sehat dan beragam seperti dari jenis sayuran, buah dan gandum. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks seperti nasi merah, sereal dan jenis gandum utuh yang kaya akan serat. Asupan makan yang tepat tiga kali makan besar dan dua kali camilan. Pilih camilan yang sehat seperti pisang yang bisa menambah energi.
source: http://langitsatu.com/2016/02/22/6-manfaat-menakjubkan-dari-makan-pisang-bagi-kesehatan/

2. Protein

Sumber protein yang tersedia di bumi ini juga beragam. Tak hanya protein hewani kamu juga mengkonsumsi protein nabati dari jenis kacang-kacangan. Pilih protein hewani yang memiliki daging putih seperti ikan dan ayam. Kamu juga boleh mengkonsumsi daging merah, namun pilih yang tanpa lemak. Protein berfungsi dalam pembentukan otot dan sistem organ tubuh.

3. Batasi Asupan Lemak

Lemak memang tidak bisa dihindari karena tubuh juga membutuhkan lemak. Namun kamu bisa membatasi asupan lemak agar tidak berlebihan. Pilih asam lemak tak jenuh ganda seperti omega 3 dan omega 6. Omega 3 terdapat pada kacang kenari, ikan serta makanan laut. Sedangakan omega 6 bisa didapatkan dari jenis minyak sayur.

4. Konsumsi Buah

Sejumlah vitamin bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Ikuti prosedur yang tepat dengan mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Saat memasak sayuran sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama agar zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.
source: http://veemarket.co.id/tag/sayur-dan-buah/

5. Hindari Junk Food

Makanan jenis ini memang mudah sekali didapat. Namun Sebaiknya hindari makanan seperti burger, hot dog, pizza dan jenis daging olahan yang dibekukan. Kandungan lemak jenuh dan transnya tinggi sehingga dapat meningkatkan kolesterol.