Blackhead atau komedo hitam seringkali muncul pada bagian hidung dan dagu. Warnanya yang kehitaman ini dapat dikeluarkan dengan cara memencet. Menghilangkan komedo dengan pemencetan memang bukanlah cara yang disarankan. Pemencetan hanyalah solusi sementara serta menjadi langkah paling cepat dan mudah untuk menghilangkan komedo yang mengganggu penampilan.

1. Pemencetan Menggunakan Tangan

Metode pemencetan berlaku untuk komedo yang terletak di bagian dagu, wajah dan hidung. Lakukan penguapan dengan cara menuangkan air panas ke dalam baskom, uapkan wajah kita pada baskom tersebut untuk melunakkan dan membuka pori-pori. Jangan pernah melakukan pemencetan sebelum melakukan penguapan karena blackhead akan sulit dikeluarkan dan pemencetan justru menjadi hal yang menyakitkan.
source: http://www.fitandhappy.org/
Setelah memastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril, tekanlah komedo dengan lembut. Gunakan tisu untuk membersihkan komedo yang berhasil keluar. Jangan memaksakan blackhead yang sulit dikeluarkan karena ada beberapa yang memang tidak siap untuk dihilangkan. Memencet terlalu keras hanya akan melukai permukaan kulit dan melebarkan pori-pori.

2. Pemencetan Menggunakan Extractor

Di toko kosmetik banyak dijual alat pendorong komedo yang fungsinya hampir sama dengan pemencetan komedo yang dilakukan tangan. Alat ini lebih memudahkan kita untuk mengeluarkan komedo yang membandel dan sulit dipencet dengan tangan. Alat yang terbuat dari stainless steel kecil ini membantu kita memberikan tekanan pada bagian pori-pori di sekitar komedo.
source: http://cf.ltkcdn.net/skincare/images/
Kita dapat menggunakan alat ini untuk menyingkirkan seluruh blackhead yang sulit dikeluarkan. Karena pemencetan menggunakan alat ini dapat menimbulkan iritasi dan peradangan jika tidak dilakukan dengan benar. Perhatikan video tutorial berikut untuk lebih memahami bagaimana cara mengaplikasikannya tanpa menimbulkan peradangan dan kerusakan pada kulit wajah.
youtube:oq1c1iHQp8Q
source: https://www.youtube.com/watch?v=oq1c1iHQp8Q
HOW TO: Romove Blackhead with a Blemish Extractor[中文字幕]
Tutorial Mengeluarkan Komedo yang Tepat
source: https://www.youtube.com/

3. Mengeluarkan Blackhead Menggunakan Pore Strip

Pore strip dapat dengan mudah kita dapatkan di toko kosmetik. Cara ini lebih cepat, aman, dan mudah karena kita tidak perlu lagi memencet menggunakan tangan maupun extractor. Pore strip dapat mengeluarkan blackhead dengan cara menempelkannya selama 15 menit.
source: http://s.hswstatic.com/

Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Memencet Komedo

1. Setelah mengalami pemencetan, kulit akan terasa tidak nyaman dan pori-pori pun akan membesar. Gunakanlah toner atau air mawar, oleskan pada permukaan wajah untuk menenangkan dan membunuh bakteri penyebab peradangan. Hal ini sangat penting untuk menghindari timbulnya jerawat setelah pemencetan.
2. Selain mengoleskan toner atau air mawar, langkah yang harus diperhatikan adalah dengan menggunakan masker wajah yang dapat menenangkan kulit. Lakukan masker pada malam hari saat kita akan beranjak tidur. Pilihlah masker yang menenangkan kulit seperti masker green tea. Masker green tea mengandung zat anti inflamasi sehingga dapat mencegah peradangan, mengecilkan pori-pori, dan menghaluskan permukaan kulit.
3. Selain kedua cara tersebut, kita dapat mengompreskan air dingin pada wajah untuk mengecilkan pori-pori setelah pemencetan. Air dingin mampu mengurangi resiko peradangan.
Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, mengeluarkan komedo dengan cara memencet tidak akan menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit wajah. Memencet komedo akan membersihkan pori-pori walaupun nantinya komedo akan muncul kembali. Kita tidak perlu membersihkan komedo secara keseluruhan dengan cara memencetnya. Memaksakan komedo untuk keluar dengan cara memencetnya hanya akan membahayakan kondisi kulit kita. Jadi, sayangi kulitmu dengan metode perawatan yang tepat.
“If you don’t take care of your body, where are you going to live? – Unknown.”