Tanpa kita sadari, gaya hidup dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Jika sebelumnya rambut rontok seringkali terjadi sebagai akibat dari tanda-tanda penuaan, saat ini banyak para wanita yang mengeluhkan hal tersebut. Kerontokan tidak hanya terjadi pada pria maupun wanita yang berusia lanjut, tetapi juga mulai terjadi pada seseorang yang masih berusia 20an.
Penyebab utamanya adalah karena ketidakmampuan akar rambut menahan rambut sehingga kerontokan tidak dapat dihindari. Kekuatan akar rambut dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh seperti kesehatan dan makanan yang kita konsumsi. Jenis vitamin dan serum rambut yang dijual dipasaran, diproduksi dengan campuran bahan alami yang memanfaatkan vitamin dari tumbuh-tumbuhan untuk membantu mengurangi kerontokan.
Bagaimana cara mencegah kerontokan? Rambut yang rontok sebelum sempat memanjang harus segera dihindari agar pertumbuhan rambut dapat berlangsung sepanjang yang kita inginkan. Daripada menggunakan vitamin atau serum rambut yang mengandung bahan kimia, ternyata menggunakan bahan-bahan alami terbukti mampu memperkuat akar rambut dan menahan rambut hingga menjadi cepat panjang.
Perawatan tersebut dapat kita lakukan sendiri di rumah dengan membuat masker alami dan sederhana. Beberapa bahan alami berikut bahkan telah terbukti mampu mempercepat pertumbuhan rambut sehingga rambut kita menjadi lebih cepat panjang.

1. Banana & Honey Mask.

Ingin rambut yang tidak hanya cepat panjang tapi juga mengkilap? Pisang adalah buah ajaib yang memiliki banyak vitamin yang dapat menyehatkan rambut. Masker pisang ini dapat memberikan efek rileks di setiap helai rambut yang telah terpapar sinar matahari, meningkatkan elastisitas pada rambut dan memanjangkan rambut dengan cepat.
source: http://citymanthan.com/
Madu kaya akan berbagai zat sehat yang sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin E, K, C, B1, B2 dan B6. Kedua bahan adalah kunci penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut karena kandungan vitaminnya akan mengontrol kerontokan.
Bahan yang kita perlukan untuk membuat masker ini adalah 1 buah pisang, 1 butir telur, dan 1 sendok makan madu. Campur semua bahan dan masukkan kedalam blender. Oleskan secara merata pada rambut yang kering. Keringkanlah rambut terlebih dahulu jika kondisinya masih basah.Tutupi rambut dengan handuk selama 1-2 jam. Lakukan selama 1 kali dalam seminggu selama 1 bulan. Rambut tidak hanya akan cepat tumbuh tetapi juga menjadi semakin berkilau.

2. Potato Juice

Jus kentang untuk masker? Resep rahasia yang hanya akan dibagikan untuk para wanita yang ingin mendapatkan rambut halus dan panjang. Tidak banyak yang mengetahui manfaat kentang untuk rambut. Padahal, kentang kaya akan vitamin A, B, dan C. Vitamin tersebut mampu memperkuat rambut dan sebagai pengobatan untuk penyakit alopecia atau penipisan rambut.
source: http://cdn.olwomen.com/
Cara membuatnya, kupas 1 buah kentang dan blender hingga lembut. Oleskan pada bagian kulit kepala dan biarkan hingga 15 menit. Jus kentang ini dapat digunakan 2 kali dalam seminggu. Nutrisi pada kentang dapat terserap dengan baik pada kulit kepala sehingga akar-akar rambut berangsur membaik dan mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Green Tea Mask

Walaupun di salon sudah banyak hair mask yang memanfaatkan ekstrak teh hijau, kita dapat mengaplikasikan teh hijau secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut sehingga tidak mengherankan jika rambut kita menjadi cepat panjang setelah mengaplikasikan masker ini secara rutin.
source: http://holistichubwebsites.com/
Bahan yang diperlukan pun sangatlah mudah dan murah. Seduh teh hijau dengan air dan biarkan hingga suhunya dingin. Siramkan air teh hijau tersebut ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Biarkan hingga satu jam. Kita dapat mengaplikasikan masker ini sesering mungkin paling tidak selama 2 kali dalam seminggu. Kandungan teh hijau akan meluruhkan polusi penyebab kerusakan rambut, membunuh jamur penyebab ketombe, dan merangsang akar rambut untuk memanjangkan rambut yang sehat dan kuat.
Tanpa perlu pergi ke salon, kita dapat menghemat banyak waktu dan biaya untuk melakukan perawatan terhadap rambut kita. Proses memanjangkan rambut tidak akan bekerja secara maksimal selama kondisi akar rambut masih rapuh. Ketiga bahan masker tersebut membantu memperkuat akar rambut dan membuatnya menjadi lebih cepat panjang dibandingkan jika kita hanya mengaplikasikan sampo dan kondisioner saja. Selamat mencoba!
“A girl without hairs is like a mountain without waterfalls - Roman Payne”