Merawat rambut terkadang tidak semudah melakukan perawatan pada bagian tubuh lainnya. Permasalahan yang seringkali terjadi pada rambut sifatnya lebih kompleks mulai dari rambut kering, berketombe, terserang kutu, hingga masalah kebotakan yang harus segera ditangani.
source: https://www.colourbox.com/
Rambut indah identik dengan bentuknya yang lebat, panjang, dan berkilau. Sayangnya, paparan sinar matahari mampu merusak keindahan alami rambut kita. Sinar ultraviolet yang menyengat dapat menimbulkan rambut rontok hingga kulit kepala tidak akan bisa mengembalikan tunas-tunas yang baru. Walaupun banyak terjadi pada pria, wanita pun juga rentan mengalami kebotakan jika rambut tidak dilindungi dengan baik.
Proses pertumbuhan rambut memiliki tiga tahap. Tahap pertama yaitu anagen, tahap kedua yaitu catagen, dan tahapan ketiga yang disebut dengan telogen. Setiap helai rambut memiliki tingkat perkembangan yang berbeda.
Tahap anagen adalah tahap pertumbuhan, dan biasanya berlangsung antara dua hingga enam tahun. Tahap catagen akan terjadi setelah fase anagen selesai yang merupakan tahap transisi atau pembaharuan folikel rambut. Fase telogen adalah fase istirahat yaitu fase dimana rambut berhenti tumbuh.
Rambut manusia tumbuh dengan panjang rata-rata sekitar enam inci per tahun. Nah, setelah mengetahui tahapan penting bagaimana rambut kita dapat tumbuh, inilah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut kita agar dapat terus tumbuh dan panjang dengan cepat:

1. Melakukan Diet Makanan Seimbang

source: http://www.internationalhealth.info/
Diet terkadang terdengar menyeramkan dan identik dengan rasa lapar. Untuk menumbuhkan dan memanjangkan rambut dengan cepat, bukan berarti kita menahan lapar. Kita hanya perlu memperhatikan makanan apa saja yang wajib dikonsumsi dan harus dikurangi atau bahkan dihindari. Beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan tanpa lemak, dan ayam merupakan sumber nutrisi yang sangat baik yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh. Kesehatan rambut tergantung pada nutrisi yang kita konsumsi sementara sampo dan kondisioner sangat penting untuk perawatan rambut namun bukan satu-satunya kebutuhan.
Rambut sebagian besar terdiri dari protein. Dengan demikian, kita memerlukan makanan berprotein agar rambut tumbuh bersinar. Perbanyaklah menambahkan bahan makanan seperti susu, telur, daging merah, kacang polong, dan kacang hijau. Rutin mengonsumsi susu kedelai terbukti efektif meningkatkan kekuatan akar rambut dan melebatkannya secara bertahap.

2. Melakukan Pemijatan Kulit Kepala Secara Berkala

Pijatlah secara lembut kulit kepala dengan ujung jari, pastikan tidak memiliki kuku yang cukup panjang agar tidak melukai kulit kepala. Panaskan satu sendok makan minyak kelapa, celupkan jari ke dalam minyak dan gunakan untuk memijat kepala dengan gerakan melingkar.
source: http://www.cantikalamiku.com/
Pijatan tidak hanya memberikan efek rileks, tetapi juga membantu merangsang sirkulasi darah. Hal ini juga dapat menyeimbangkan produksi minyak alami pada kulit kepala yang berfungsi memperkuat akar dan menjaga rambut kelembaban rambut. pemiijatan kulit kepala menggunakan sedikit minyak kelapa sangat memungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat. Minyak kelapa mengandung vitamin dan nutrisi yang merupakan kondisioner rambut alami.

3. Memotong Rambut Secara Teratur

Hair stylist salon yang baik pasti akan mengetahui dan mengerti kondisi rambut kita. Mereka akan menyarankan apa sajakah yang sebaiknya kita lakukan untuk perawatan rambut termasuk memilihkan model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan karakter kita. Lakukanlah pemotongan setiap tiga bulan sekali untuk menghilangkan rambut rusak dan bercabang pada ujung rambut.
source: http://www.salonlg.com/
Rambut rusak seperti kering dan bercabang tidak dapat tumbuh memanjang dengan sempurna. Untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut agar lebih panjang dan sehat, penting sekali menghilangkan kerusakan tersebut agar pertumbuhan rambut dapat lebih seimbang. Pemangkasan yang dilakukan secara teratur dapat memberikan kesempatan bagi rambut untuk tumbuh berkembang. Itulah sebabnya mengapa seorang bayi yang rambutnya dipotong secara rutin memiliki rambut yang lebih lebat dan panjang. Hal ini juga berlaku pada rambut kita.
Kebotakan dapat dicegah dan bahkan dapat diatasi sebelum kondisinya menjadi parah. Lakukanlah perawatan secara dini agar kerontokan tidak menimbulkan kebotakan. Rambut yang indah mencerminkan kepribadian yang indah pula bukan?
“A women's greatest asset is her hair - Alex Comfort”